DetikSport
Rabu 08 November 2017, 02:02 WIB

Perenang Blasteran Indonesia-AS Ini Antusias Bela Merah Putih di Kejuaraan Renang Junior

Mercy Raya - detikSport
Perenang Blasteran Indonesia-AS Ini Antusias Bela Merah Putih di Kejuaraan Renang Junior Kaike Crews (Mercy Raya/detikSport)
Jakarta - Perenang berdarah Indonesia-Amerika, Kaike Crews, antusias menghadapi debutnya di Kejuaraan Renang Kelompok Umur se-Asia Tenggara di Brunei Darussalam. Crews berharap menyumbangkan emas untuk Merah Putih.

Crews adalah salah satu dari 22 atlet yang dilepas oleh Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) menuju 41th SEA Age Group Championship 2017 di Wisma Bakrie II, Kuningan, Jakarta, pada Selasa (7/11/2017) sore.


Crews cukup mahir berbahasa Indonesia, bahkan logatnya cenderung Jawa. Dia lahir di Surabaya, 4 Desember 2002, dan merupakan putra mantan perenang nasional Metri Widya Pangestika, buah pernikahan dengan Cyrus Crews.

Crews terpilih setelah PRSI, melalui Wakil Ketua PRSI Harlin E. Raharjo, menghubungi ibunya. Melalui ibunya pula, pengidola perenang Ryan Murphy ini ditawari untuk ikut membela tim Indonesia di kejuaraan renang kelompok umur.

"Saya tahu dari ibu. Jadi PRSI menghubungi mama dan kemudian mama menawarkan kepada saya. Kemudian langsung saya iyakan," ujar Crews.

Tidak ada pertimbangan khusus sehingga Crews menerima tawaran tersebut. Dia mengaku bangga bisa membela suatu negara, terlebih negara yang dibela merupakan asal ibunya.

"Saya senang bisa membela Indonesia. Saya juga bangga karena bisa membela negara," kata Crews yang masih memiliki dua paspor Amerika Serikat dan Indonesia ini.

Crews sendiri di Amerika Serikat berstatus siswa kelas 1 Truckee High School, California. Dia juga tergabung dalam salah satu klub renang di sekolahnya. Catatan waktu terbaik Crews di nomor 100 meter gaya punggung adalah 58 detik.

Agar tidak ketinggalan pelajaran, Crews diberikan modul oleh sekolahnya. "Saya di sini hanya sampai perlombaan. Setelah selesai lomba dari Brunei akan langsung terbang ke Amerika Serikat."

Di kejuaraan renang kelompok umur, Crews mengaku akan turun di tujuh nomor. Dari jumlah itu dia menargetkan bisa meraih medali emas pada nomor 100 meter dan 200 meter gaya punggung.

"Persiapannya untuk berdoa dan berusaha sebaik mungkin. Memang latihan di sini tidak banyak karena saya baru tiba di Indonesia pada Senin kemarin. Tapi semoga bisa menang dan besok pertandingan berjalan kompetitif karena akan seru pastinya," katanya.



(mcy/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed