DetikSport
Rabu 08 November 2017, 22:25 WIB

Kenapa Tak Semua Cabor Asian Games 2018 Disiarkan Langsung?

Mercy Raya - detikSport
Kenapa Tak Semua Cabor Asian Games 2018 Disiarkan Langsung? Ilustrasi Countdown Asian Games 2018 (Hasan Alhabshy/detikSport)
Jakarta - Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) dan International Games dan Broadcast Services (IGBS) memutuskan 38 cabang olahraga yang disiarkan langsung. Kenapa?

INASGOC merekrut International Games dan Broadcast Services (IGBS) sebagai penyedia siaran televisi untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. IGBS tak akan membuat siaran langsung 40 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

Rencananya, IGBS akan menayangkan 38 cabor. Bridge dan squash ditayangkan dengan highlight.

Direktur Broadcast INASGOC, Linda Wahyudi, mengatakan Olympic Council of Asia dan Dentsu Sport Asia (DSA), sebagai pemilik hak siar, memiliki pertimbangan khusus dalam memilih 38 cabor itu.

"Bridge, karena pertandingannya lama dan bukan olahraga Olimpiade. Kami mengutamakan olympic sport," kata Linda, yang juga menjabat sebagai Deputi III Games and Support dalam diskusi bulanan INASGOC tema broadcasting Asian Games, di Gedung Serbaguna, Senayan, Rabu (8/11/2017).

"Kemudian squash. Itu baru dimasukkan. Pertimbangan kami saat itu adalah mau pilih yang mana nih. Sementara kami punya budget hanya untuk sekian misalnya. Jadi, mau tak mau ada cabang yang harus dikorbankan," ujar dia.

"Sementara, untuk cabang kano nomor speed slalom tengah diusahakan untuk siaran live. Kesulitan kami adalah karena jangkauannya cukup jauh ya di Majalengka. Jadi memang tidak mudah lah untuk menentukan semua. Semua kami ingin cover," dia menjelaskan.

Selain menggandeng IGBS, perusahaan media yang mendapat hak siar Asian Games adalah PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek). Namun, di antara 38 cabor, Emtek Group akan mengambil hak penuh pada penayangan langsung pertandingan sepak bola dan juga bulu tangkis. Sedangkan, sisanya akan dibagikan kepada station televisi lainnya.


(mcy/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed