DetikSport
Rabu 08 November 2017, 22:40 WIB

SUGBK Lolos Audit Layak Konstruksi

Mercy Raya - detikSport
SUGBK Lolos Audit Layak Konstruksi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dilihat dari langit. Muhammad Abdurrosyid/detikSport)
Jakarta - Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dinilai sudah lolos audit kelayakan konstruksi oleh Olympic Council of Asia (OCA). Maka, tak akan ada masalah saat pemasangan peralatan broadcast nanti.

Upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat. Dalam perencanaannya, SUGBK tak hanya harus menampung lampu-lampu berkapasitas tinggi, tapi juga akan dipasang kamera-kamera penyiaran televisi.

Konstruksi SUGBK dikhawatirkan tidak mampu menampung beban tersebut. Apalagi, SUGBK sudah berusia puluhan tahun.

"Semua stadion diaudit oleh Olympic Council of Asia (OCA). Persyaratannya sudah dimasukkan saat merenovasi stadion-stadion di GBK, termasuk soal penguatan struktur bangunan. Nah, struktur -struktur itu sudah bisa mengakomodasi upacara pembukaan dan penutupan yang akan memakan banyak peralatan di bagian atasnya, seperti lampu-lampu dan kamera yang sudah ditempatkan. Jadi sampai saat ini tidak ada masalah kekuatan dari struktur venue-venue yang ada," kata juru bicara INASGOC, Dadi Muldiansyah, dalam dalam diskusi bulanan INASGOC tema broadcasting Asian Games, di Gedung Serbaguna, Senayan, Rabu (8/11/2017), menyatakan

Senada, Direktur Broadcast INASGOC, Linda Wahyudi, menuturkan IGBS, perusahaan dari Swiss yang bertanggung jawab dalam siaran televisi, telah mengukur kemampuan setiap venue cabang olahraga yang akan disiarkan secara langsung.

"Termasuk SUGBK yang memang sudah berusia dan akan digelar opening dan closing ceremony sehingga tentu akan banyak digantung peralatan canggih. Tapi semua itu sudah diukur dan tidak berani juga melebih dari ukuran yang sudah diaudit ya. Jadi banyak juga akan memakai spider cam dan lainnya," kata Linda.



(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed