DetikSport
Kamis 09 November 2017, 12:40 WIB

Broadcast Asian Games Sudah, Bagaimana dengan Asian Para Games 2018?

Mercy Raya - detikSport
Broadcast Asian Games Sudah, Bagaimana dengan Asian Para Games 2018? Linda Wahyudi, direktur broadcast INASGOC (Mercy Raya/detikSport)
Jakarta - Asian Games 2018 bakal menyiarkan langsung 38 cabang olahraga. Bagaimana urusan broadcast untuk Asian Para Games di tahun yang sama?

Panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) menggandeng perusahaan manajemen penyiaran asal Swiss International Games and Broadcast Services (IGBS) sebagai mitra pengelolaan penyiaran pertandingan Asian Games ke-18.

Namun, kerjasama itu ternyata tidak termasuk penyiaran untuk Asian Para Games 2018. Padahal, satu bulan setelah Asian Games rampung, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah multievent negara-negara Asia khusus atlet penyandang disabilitas, Asian Para Games, pada 8-16 Oktober 2018 di Jakarta.

"Saya sudah dihubungi dari panpel (INAPGOC) sekitar pekan-pekan lalu. Dan, ya, kami akan cover mau tidak mau," kata Direktur Broadcast INASGOC Linda Wahyudi kepada detikSport.

Meski INASGOC bakal membantu penyiaran Asian Para Games 2018, bukan berarti akan menggunakan layanan dari IGBS. Mereka berencana menggandeng perusahaan broadcast tanah air.

"Tidak dari IGBS karena itu mahal sekali. Jika hanya 4 sampai 10 cabor yakinlah kami bisa karena kami pernah punya pengalaman itu," tutur Linda.

"Justru saya rasa tantangannya kita bisa jual apa enggak. Masalah produksi saya kira tak akan masalah saya siap kok. Paralympic pernah kok saya lihat," kata Linda, yang juga pernah memproduksi penyiaran langsung untuk SEA Games 2011 dan Islamic Solidarity Games ini.

"Jadi mekanisme produksi siarannya tinggal melanjutkan saja. Tak ada bidding karena bukan apa-apa akhirnya malah jadi kasian jika terlalu mengekpose," dia mengucapkan.

Selain itu, pembiayaannya diluar dari anggaran penyiaran langsung 38 cabang Asian Games sebesar Rp 800 miliar.

"Beda lagi biayanya tapi saya pikir tak akan besar. Sebab, tidak semua cabang olahraga di-cover. Paling banyak tiga sampai 4 cabang olahraga seperti atletik, renang, bulutangkis, dan basket atau tenis meja," Linda membeberkan.


(mcy/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed