DetikSport
Selasa 14 November 2017, 16:05 WIB

Kampung Atlet untuk Asian Games 2018 Palembang Baru Siap 75%

Raja Adil Siregar - detikSport
Kampung Atlet untuk Asian Games 2018 Palembang Baru Siap 75% Foto: Raja Adil Siregar/detikSport
Palembang - Palembang terus berbenah dengan makin dekatnya Asian Games 2018. Kampung atlet di Bumi Sriwijaya itu baru siap 75 persen.

Panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) meninjau sejumlah venue dan kampung atlet di Palembang, Selasa (14/11/2017). Mereka juga menggelar rapat koordinasi di Hotel Exelton.

"Tadi malam kami sudah melakukan visit venue bersama dari PUPR dan saya katakan Palembang sangat siap untuk melaksanakan Asian Games 2018. Saat ini seluruh progress pembangunan venue sudah hampir selesai, termasuk penginapan untuk atlet sudah mencapai 75 persen," kata Raja Parlindungan Pane, direktur government relations INASGOC.

Dia menambahkan masih ada kekurangan untuk beberapa venue. Seperti, boling dan dayung yang belum benar-benar tuntas. Renovasi venue boling 90 persen dan dayung, sebagai venue terbaik di Asia, 86 persen. Adapun venue menembak, dipastikan rampung pada 12 Desember 2017 atau sekitar 1 bulan lagi.

Sebelumnya juga muncul evaluasi venue tenis usai test event. Yakni, berupa rembesan air di permukaan lapangan tenis.

"Selanjutnya kita akan lakukan test event menembak pada Maret 2018 untuk melihat kekurangannya, jadi kalau masih ada kurang akan kita lengkapi lagi. Untuk boling, semua pengerjaan sudah selesai, tinggal perlengkapan alat-alatnya saja dan satu minggu ini sudah sampai," dia menambahkan.

Tidak hanya itu, nantinya selama pelaksanaan event seluruh atlet dan official atlet akan berada dalam satu kawasan yakni athlete village. Dia meminta pihak keamanan dan panitia untuk mensterilkan area tersebut.

"Nanti semua atlet dan ofisial itu akan berada di athlete vilage, baik penginapan, pemanasan dan saat beraktifitas semua dilakukan di sana, kecuali mereka kalah maka akan jalan-jalan. Sehingga, tempat-tempat ini harus steril oleh pihak pengamanan dan panitia untuk menjaga privasi atlet selama atlet berada di Palembang," dia menambahkan.

Palembang akan menjadi ruan rumah Asian Games 2018 bersama Jakarta, yang melombaan 40 cabang olahraga, 66 disiplin dan 462 nomor event. Dari keseluruhan itu, 11 cabang olahraga di antaranya dihelat di Kota Pempek tersebut.

"Satu keuntungan diselenggarakannya Asian Games di Palembang, semua terpusat di Jakabaring. Karena venue berada di satu tempat dan pada prinsipnya kami dari panitia ingin melihat kesiapan fasilitas dan kelengkapan venue yang ada kemarin," kata Harry Warganegara Harun, Plt Deputi I INASGOC.
(fem/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed