DetikSport
Kamis 16 November 2017, 00:18 WIB

Indonesia Rebut Tiga Emas di Kejuaraan Dunia Angkat Berat

Mercy Raya - detikSport
Indonesia Rebut Tiga Emas di Kejuaraan Dunia Angkat Berat Foto: dok. PP PABBSI
Pilsen - Lifter putri Indonesia Widari meraih tiga medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Berat 2017. Atlet asal Kalimantan Timur ini menjadi yang terbaik di tiga jenis angkatan.

Bertanding di Pilsen Republik Ceko, kejuaraan sejatinya masih akan berlangsung sampai 18 November mendatang. Namun Indonesia sudah mengantongi tiga medali emas lewat Widari.

Turun di kelas 47kg, Widari berhasil menjadi yang terkuat setelah mengangkat beban seberat 135 kg di jenis angkatan bench press dan 180 kg di jenis dead lift.

Sementara di jenis angkatan squat, Widari hanya mampu menjadi yang terbaik ketiga setelah mengangkat 160 kg. Meski begitu, total angkatan keseluruhan --bench press, dead lift, dan squat-- Widari menjadi yang terbaik yaitu 475kg. Dengan demikian dia pun meraih tiga medali emas.

Manajer tim Indonesia, Yanto Arifin, menyambut baik hasil dari atletnya. Meski debutan Widari diprediksi bisa membuat kejutan.

"Widari adalah pendatang baru tapi sejak awal saya sudah memprediksi dia akan mampu membuat kejutan," ungkap Yanto Arifin yang juga ketua Bidang Angkat Berat PB PABBSI, dalam rilis yang diterima detikSport, Rabu (15/11/2017).

"Saya sangat berterima kasih dengan ketua umum yang sangat peduli dengan angkat berat sehingga bisa memberangkatkan kami ke kejuaraan dunia ini," ujarnya lagi.

Selain Widari, lifter putri Imas Kartika yang turun di kelas 52 kilogram menyumbangkan medali perak untuk Indonesia. Dia membukukan angkatan dead lift 185 kg.

Sedangkan lifter putra Dony Meiyanto yang turun di kelas 74 kg meraih satu perak dan satu perunggu, di jenis angkatan dead lift dan squat.

Dengan tim angkat berat sementara ini meraih tiga emas, dua perak, dan dua perunggu, ini sudah melampaui pencapaian dalam kejuaraan serupa di Orlando Ametika Serikat 2016 lalu di mana Indonesia meraih dua emas, dua perak, dan satu perunggu. Indonesia masih menyisakan satu lifter lagi yang akan turun yakni Muhammad Yusuf di kelas 83 kg.
(mcy/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed