detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 29 Nov 2017 01:54 WIB

INASGOC Jamin Ruang Siaran bagi Pemegang Hak Siar Asian Games

Mercy Raya - detikSport
Linda Wahyudi, Direktur Broadcast INASGOC (Mercy Raya/detikSport) Linda Wahyudi, Direktur Broadcast INASGOC (Mercy Raya/detikSport)
Palembang - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) menjamin ruang siaran untuk para pemegang hak siar dari berbagai negara selama perhelatan multievent tersebut.

Hal itu disampaikan Direktur Broadcast INASGOC, Linda Wahyudi. Linda mengatakan, sebanyak 300 wartawan asal China telah mendaftarkan diri untuk meliput Asian Games, yang berlangsung 18 Agustus sampai 2 September 2018.

"Jangankan wartawannya, mereka juga meminta ruang siaran seluas 1.000 meter persegi karena rencananya mereka akan membuat dua studio di International Broadcast Center (IBC)," kata Linda di Palembang.

"Bahkan tak hanya China, media dari Jepang dan Korea Selatan juga meminta ruang karena mereka pemegang hak siar negara masing-masing," tambahnya.

Linda menilai permintaan ini karena animo yang cukup besar terhadap Asian Games. Dia optimistis lokasi yang sudah ditetapkan bisa mengakomodir semua permintaan.

Sejauh ini, INASGOC telah menetapkan lokasi IBC di Hall B Jakarta Convention Centre yang mencakup area seluas 7.100 meter persegi. Sementara untuk Main Media Centre akan ditempatkan di Hall A.

"IBC adalah tempat semua broadcast. Biasanya yang ada di sana adalah yang memiliki rights holders dan rights broadcast," kata Linda.

Selain media China, media lain dari Jepang juga sudah meminta area seluas 600 meter persegi untuk menampung 300 kru stasiun televisi Jepang. Permintaan yang sama juga dilontarkan televisi TBS Tokyo untuk menampung 250 orang.

"TBS Tokyo bahkan telah memasan satu kamar di Hotel Sultan yang mempunyai latar belakang pemandangan komplek Gelora Bung Karno Senayan. Nantinya, kamar itu lah akan menjadi studio siaran mereka. Ada lagi dari NHK Jepang, mereka minta ada studio di bawah pohon. Lokasinya berada di antara stadion akuatik dan Istora. Kan ada koridor ke GBK itu, jadi mereka sudah memikirkannya dan memetakan lokasi. Jadi memang sebegitu antusiasnya mereka," kata Linda.

Meski demikian, Linda menjelaskan, timnya akan memasang peralatan dan kabel pada 10 Juni mendatang. "Sementara mereka yang berasal dari televisi luar negeri akan menset up nanti pada 1 Agustus, sebelum kemudian IBC resmi kami buka pada 10 hari kemudian," katanya.


(mcy/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed