DetikSport
Sabtu 02 Desember 2017, 12:50 WIB

Tour De Linggarjati 2017 Diramaikan Pebalap ASEAN

Soedirman Wamad - detikSport
Tour De Linggarjati 2017 Diramaikan Pebalap ASEAN Foto: Soedirman Wamad
Kuningan - Pemda Kabupaten Kuningan kembali menghelat event Tour De Linggarjati (TDL). Yang meramaikan TDL 2017 bukan cuma pebalap Indonesia, melainkan juga dari negara-negara di ASEAN, seperti Filipina, Singapura, dan Malaysia.

Nomor yang dilombakan dalam event ini yakni Individual Time Trial (ITT), Individual Road Race (IRR), dan Kriterium yang dirangkai dengan tes untuk event ASEAN Games. TDL digelar selama tiga hari dari Jumat (1/12/2017) hingga Minggu (3/12) di Kuningan, Jawa Barat.

Pantauan detikSport, di hari pertama dan kedua balapan pebalap Indonesia bersaing ketat dengan sejumlah pebalap dari negara lain. Di nomor ITT, pebalap asal Malaysia berhasil naik podium, yakni Muhammad Shamir kategori Men Junior dan Ezzati Fifiyana kategori Women Junior. Keudanya berhasil ada di posisi pertama.

Tour De Linggarjati 2017 Diramaikan Pebalap ASEANFoto: Soedirman Wamad

Sementara di nomor IRR, pebalap muda dari Tim PPLP Jawa Timur berhasil menjadi jawara di kategori Men Youth, yakni Angga Dwi Wahyu Prahesta. Angga berhasil menjadi juara. Angga mengaku banyak kesulitan selama balapan dan bangga bisa bersaing dengan pebalap lainnya.

"Lintasan menanjak paling sulit karena tanjakannya terlalu tinggi. Selain itu jalan yang sempit juga membuat kami harus hati-hati. Tapi terbayarkan, rasanya senang dan bangga bisa juara," kata Angga saat ditemui detikSport usai balapan di depan Pendopo Bupati Kuningan, Sabtu (2/12).

Di tempat yang sama, Dewika Mulya Sova asal Jawa Timur berhasil menempati posisi kedua kategori Women Youth. Senada dengan Angga, jalan menanjak dan sempitnya jalan menjadi pembeda lintasan yang ada di Kuningan dengan daerah lainnya.

"Tinggi tanjakannya, mas. Terus juga pengawalan untuk pembalapnya harus ditingkatkan lagi, masih ada motor yang melintas saat balapan," katanya.

Tour De Linggarjati 2017 Diramaikan Pebalap ASEANFoto: Soedirman Wamad

Di tempat yang sama, Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan perhelatan TDL merupakan upaya pemda dalam mempromosikan pariwisata di Kuningan. Pemda Kuningan mengusung tema lestari alam, kenali budaya, dan cintai sejarah untuk TDL tahun ini.

"Event ini juga diharapkan bisa memunculkan bibit atlet yang mampu bersaing di tingkat internasional. TDL tahun ini juga dibarengi dengan tes event ASEAN Games di akhir nanti, dimulai dari Ciamis kemudian finis di Kuningan," katanya.



(krs/yna)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed