detiksport
Follow detikSport
Senin, 04 Des 2017 15:39 WIB

Rossi Ukir Rekor di Monza Rally Show

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Foto: instagram @valeyellow46 Foto: instagram @valeyellow46
Monza - Valentino Rossi berhasil keluar sebagai juara Monza Rally Show 2017. Gelar itu membuat Rossi mengukir sebuah rekor di kompetisi ini.

Dalam balapan yang digelar pada 1-3 Desember di Autodromo Nazionale Monza, Italia itu, Rossi bertandem dengan co-driver Cassina Carlo. Mengendarai mobil Ford Fiesta RS WRC, pebalap MotoGP itu sukses mencatatkan waktu terbaik 1 jam 24 menit 55,9 detik.

Kemenangan tersebut tidak diraih Rossi dengan mudah. Rossi mesti memulihkan waktu yang hilang akibat penalti 10 detik karena berat mobilnya 7 kilogram lebih ringan dari ketentuan.

Rossi mesti berjuang mengarungi sembilan etape yang diselimuti es untuk memuncaki klasemen akhir dengan keunggulan 5,7 detik dari bintang WRC asal Norwegia Andreas Mikkelsen. Di kompetisi ini, Mikkelsen menunggangi mobil Hyundai NG i20.

Bagi Rossi, ini adalah titel juara keenam di Monza Rally Show yang menjadikan dia sebagai pebalap tersukses dalam sejarah kompetisi. Rossi mematahkan rekor pebalap endurance Rinaldo Capello yang menyandang lima gelar.

"Ini adalah salah satu reli Monza tersulit yang pernah kuikuti, karena ada empat mobil yang bisa juara dan semua pebalap begitu ketat sampai akhir," ucap Rossi, yang dilansir Crash.net.

"Monza Rally Show selalu menjadi kompetisi yang menyenangkan karena ini adalah balapan nyata di mana Anda bisa menyetir mobil-mobil berbeda yang cepat - tapi pada akhirnya Anda bisa menikmatinya dengan tekanan yang lebih sedikit di akhir musim."

Rossi bisa sedikit bersantai hingga akhir tahun setelah tampil di Monza Rally Show. Usai tahun baru, Rossi mesti segera fokus bersama Yamaha untuk mempersiapkan musim 2018, dengan menjalani tes resmi di Sepang pada akhir Januari. (rin/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed