DetikSport
Senin 04 Desember 2017, 23:21 WIB

Berapa Biaya Perawatan Stadion Akuatik GBK yang Baru?

Mercy Raya - detikSport
Berapa Biaya Perawatan Stadion Akuatik GBK yang Baru? Stadion akuatik GBK (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Pusat Pengelolaan Kompleks GBK menyimpan tanggungan setelah stadion akuatik rampung dibangun yaitu biaya perawatan yang sangat mahal. Berapa?

Stadion Akuatik GBK direnovasi total menjelang Asian Games dan Asian Para Games 2018. Kolam yang dibangun sejak 1962 itu direnovasi mulai dari atap yang berbentuk transformasi gelombang air sepanjang 86 meter, konsep stadion berbentuk semi indoor, hingga jumlah kapasitas tribun bertambah dari 6 ribu menjadi 8 ribu single seat.

Dengan sejumlah fasilitas yang sudah modern dan stadion yang berstandar internasional, bagimana perawatannya? PPK GBK menyebut biaya yang dibutuhkan untuk perawatan stadion akuatik mencapai 10 miliar dalam satu tahun.

"Memang untuk membangun lebih mudah daripada merawat. Itu yang memang kami khawatirkan. Apalagi pemerintah tidak mengalokasikan anggaran perawatan, justru kami yang harus menyetor kepada negara," kata Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPK GBK, Gatot Tetuko, di stadion akuatik, Senin (4/12/2017).

"Tapi dari venue ini kami yakin mendapat pemasukan untuk menjaga kualitas dari air kolam agar tetap jernih berikut kawasannya seminimal dengan biaya Rp 10 miliar dalam setahun," sebut Gatot kemudian.

Gatot menyadari jumlah yang besar itu tak akan mampu jika hanya berasal dari PPK GBK saja. Untuk itu, mereka menerima kerja sama dalam bentuk apapun yang menghasilkan pendapatan.

"Kami sangat senang jika ada yang ingin mengajak bekerja sama. Tentu kami akan sangat terma sekali, apakah itu Corporate Social Responsibility (CSR) atau corporate lainnya, event, dan lainnya yang bentuknya disewakan," ungkap Gatot.


(mcy/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed