DetikSport
Selasa 05 Desember 2017, 17:05 WIB

Optimisme Menpora untuk Asian Games 2018

Mercy Raya - detikSport
Optimisme Menpora untuk Asian Games 2018 Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengimbau seluruh pihak untuk tidak terlalu mengkhawatirkan penyelenggaraan Asian Games 2018. Dia optimistis semua akan berjalan lancar.

Indonesia memiliki pengalaman tak mengenakkan saat jadi tuan rumah multi event. Ketika menjadi tuan rumah SEA Games 2011, Indonesia mendapat banyak catatan. Banyak venue belum benar-benar siap saat pertandingan harus dihelat. Transportasi di Palembang juga menjadi persoalan.

Panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) sudah menggelar miniatur sebagai tuan rumah pada akhir November lewat Forum Media. Beberapa tamu media asing ketika itu memberi catatan. Salah satunya soal kemacetan, mereka khawatir saat menjamu 9.500 atlet, 3.500 media, 2.500 Dewan Olimpiade Asia (OCA), dan 5.500 delegasi teknis dari 45 negara, Indonesia tak mampu mengurainya.

"Ini kan belum ada rekayasa lalu lintas, rekayasa udara, rekayasa macam-macam. Pada saatnya nanti saat test event Asian Games pada Februari 2018 kami akan coba semua," kata Imam di Kantor Kemenpora, Senayan, Selasa (5/12/2017).

"Lalu rekayasa kedua juga akan dilakukan saat menjelang Asian Games dan Asian Para Games nanti, dan itu pasti sudah siap," dia menambahkan.

Namun, kata Imam, dia tak akan mengabaikan catatan dari Forum Media itu. Dia berharap semua pihak bisa memberikan masukan pada INASGOC atau ke pemerintah.

"Pasti semua masukan akan ditampung dengan baik. Makanya jangan segan-segan beri masukan kepada INASGOC maupun INAPGOC, kepada kami pemerintah karena pasti akan tindak lanjuti. Termasuk visa atlet juga kemarin Ketua INASGOC Erick Thohir telah berbicara kepada Kementerian Luar Negeri," dia menjelaskan.

"Tapi jangan terlalu khawatir. Indonesia ini pengalaman menjadi tuan rumah. Sekarang masih khawatir karena dari Senayan ke Sudirman bisa jadi satu jam karena macet. Tapi, karena Asian Games ini spesial multievent tentu akan disiapkan rekayasa lalu lintas yang spesial juga. Jika nanti sampai 5 menit apakah mereka tidak memuji Indonesia. Pasti memuji. Ya harus," menteri asal Bangkalan itu menjelaskan.




(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed