DetikSport
Rabu 06 Desember 2017, 16:59 WIB

JK Yakin Qatar Akan Gelontorkan Dana Besar untuk Asian Games 2018

Rina Atriana - detikSport
JK Yakin Qatar Akan Gelontorkan Dana Besar untuk Asian Games 2018 Foto: Fotografer: Rina Atriana/detikcom
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla optimistis dana untuk pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang cukup. Salah satu dukungan diyakini datang dari Qatar.

Sejumlah perusahaan nasional mendukung Asian Games dengan dana senilai USD 57 juta untuk Asian Games 2018. Kesepakatan dilakukan di Kantor Wapres, Rabu (6/12/2017) dan disaksikan langsung oleh Wapres JK.

Selain dukungan dari tujuh perusahaan swasta dan BUMN (lewat penandatanganan sebelumnya), JK menyakini bakal ada dana tambahan. Menurut JK, bakal dana juga dari Qatar yang diyakini jumlahnya cukup besar. Hanya saja JK tak menyebut nominalnya.

"Kita memang hanya dalam negeriā€¦ itu cukup baik juga, termasuk nanti Qatar saya yakin agak besar," ujar JK di kantor Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2017).

JK menjelaskan, mengenai pendanaan dari luar negeri, teknisnya diatur oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA).

"Itu memang (sponsor luar negeri) diatur oleh OCA, lihat di situ, diatur oleh mereka," dia menjelaskan.

Hari ini Ketua panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir bersama para sponsor menemui Wapres JK di kantor Wapres. Pertemuan digelar dalam rangka penandatanganan kerja sama oleh sponsor yang mengeluarkan USD 57 juta untuk Asian Games.

Agenda ini disaksikan langsung oleh Wapres Jusuf Kalla selaku Ketua Tim Pengarah Asian Games 2018 dan Menpora Imam Nahrawi.

"Kami harapkan suatu partisipasi nasional, karena itu saya ingin terima kasih ke saudara sekalian, menandatangani komitmen bersama USD 57 juta. Kurang lebih Rp 760 miliar. Saya berterima kasih," kata JK dalam sambutannya.

JK berharap akan lebih banyak lagi perusahaan nasional yang menjadi sponsor Asian Games 2018. Senada dengan JK, Erick Tohir menilai dengan perusahaan nasional menjadi sponsor, maka brand Indonesia akan mendunia.

"Tak kalah penting, bagaimana Asian Games punya economy impact, dari segi ekonomi, pariwisata, tourism," kata Erick.

Ketujuh perusahaan swasta yang mendukung Asian Games 2018 adalah Grab (prestige sponsor), Astra, Samsung, Sinarmas, Indofood, SsangYong Information Communication (sponsor), dan Alfamart (supports sponsor).


(rna/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed