DetikSport
Rabu 13 Desember 2017, 02:37 WIB

Persiapan Minim, Gagarin Puas Raih Emas Test Event Renang

Mercy Raya - detikSport
Persiapan Minim, Gagarin Puas Raih Emas Test Event Renang Ilustrasi renang (Foto: dok. PRSI)
Jakarta - Perenang nasional Gagarin Nathaniel puas dengan torehannya pada test event renang menuju Asian Games 2018. Dia meraih medali emas.

Dalam ajang yang bertajuk CIMB Niaga Indonesia Aquatic Championship 2017, Gagarin menjadi yang tercepat dengan catataan waktu 1 menit 02,92 detik.

Bertanding di Stadion Akuatik, Selasa (12/12/2017), Gagarin mencapai finish pertama dalam perlombaan final 100 meter gaya dada yang berlangsung pukul 21.00 WIB.

Sementara peraih perak diraih Gerdi Zulfitranto dari Millenium Jakarta dengan catatan waktu 1 menit 04,59 detik. Sementara Puji Otniel Yus yang membela ACS Jakarta mendapat perunggu setelah menjadi perenang tercepat ketiga yang menyentuh finis dengan catatan waktu 1 menit 05,15 detik.

"Jujur sih sangat puas karena latihan saya tidak intens sebelum SEA Games 2017 Malaysia. Selain itu, saya juga sibuk kuliah, latihan benar-benar pagi doang, itu pun latihan tidak benar-benar full karena setelah SEA Games libur sebulan. Benar-benar sebulan tidak ada berenang atau olahraga, jadi sangat puas," kata Gagarin, usai lomba, kepada pewarta.

Menurut anak dari Marifa Herman Yus ini, prestasi yang diraih test event juga membuatnya lega karena posisinya di pelatnas pun bisa dibilang aman.

"Target saya memang di nomor 100 dada dan saya mengejar rangking satu nasional agar di pelatnas tetap aman. Sementara untuk nomor 200 meter gaya dada dia tidak turun karena persiapan kurang, saya akan turun lagi luasa pada nomor 50 meter gaya dada. Saya akan menghadapi Indra Gunawan," dia membeberkan.

Pada nomor lain, 800 Meter Gaya Bebas Putra juga berjalan seru. Aflah Fadlan Prawira dari klub Aquarius Bandung berhasil memastikan emas setelah mencatatakan waktu 8 menit 25,53 detik.

Perenang ESC Bandung, Athalarik Maulidio, menempati peringkat dua setelah membukukan waktu 08 menit 31, 28 detik dan Putra M Randa dari klub Millenium Jakarta harus puas dengan perunggu usai berenang dengan catatan 8 menit 34, 43 detik.

Pada nomor 50 Meter Gaya Punggung Putri, di mana AA Istri Kania Ratih dari klub Millenium Jakarta berhasil menjadi juara setelah meraih finis pertama dengan catatan 30,14 detik. Membuntuti Sofie Kemala yang juga dari Millenium Jakarta mengantongi perak dengan catatan 30,33 detik dan Nurul Fajar Fitriyati dari Petrokimia Gresik meraih perunggu dengan catatan waktu 30,55.

Di nomor 100 Meter Gaya Dada Putri, emas jadi milik Wang Heesong dari Korea Selatan dengan catatan 1 menit 11,27 detik. Menyusul di tempat kedua, Anandia Treciel Vanessae, dari Belibis Pekanbaru yang meraih perak 1 menit 11,43 detik. Perenang TB Denpasar, Eva Lilian Van Leenen ada di posisi tiga setelah membukukan waktu 1 menit 12,42 detik.

Dan laga pamungkas cabang renang hari ini memainkan nomor 1500 Meter Gaya Bebas Putri. Liew Chantal dari Singapura melibas 9 peserta lainnya dan berhak atas emas dengan catatan waktu 17 menit 49,02 detik. Perenang Aquarius Bandung Prada Hanan Farmadini membuntuti di posisi dua 18 menit 07,55 detik dan Ni Nyoman Dewi dari Bali Pari meraih perunggu usai membukukan waktu 18 menit 25,06 detik.



(mcy/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed