detiksport
Follow detikSport
Rabu, 13 Des 2017 02:50 WIB

Siman Sudartawa Puas dengan Catatan Waktunya di Test Event

Mercy Raya - detikSport
I Gede Siman Sudartawa saat di SEA Games 2017(Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto) I Gede Siman Sudartawa saat di SEA Games 2017(Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto)
Jakarta - Perenang I Gede Siman Sudartawa lega setelah catatan waktunya bisa mendekati torehan terbaiknya di SEA Games 2017. Padahal, persiapannya jauh dari maksimal.

Bertanding di Stadion Akuatik Senayan, pada Selasa (12/12/2017), Siman yang turun di 50 meter gaya punggung sukses menyentuh garis finis kolam renang pertama dengan catatan waktu 25,52 detik. Atas torehan itu pula Siman yang membela klub Millenium Jakarta berhasil mendapatkan medali emas.

Menyusul peringkat dua perenang dari ESC Bandung, Ricky Anggawijaya, dengan catatan waktu 26,59 detik dan Triadi Fauzi yang meraih perunggu dengan catatan 26,89 detik.

Bagi Siman, torehan ini cukup mengesankan. Sebab, catatan waktunya mendekati torehan terbaiknya saat bertanding di SEA Games 2017 Malaysia, yaitu 25, 20 detik. Saat itu, Siman juga meraih medali emas mengalahkan perenang asal Singapura, Quah Zheng Wen, yang meraih medali perak.

"Perlombaannya sebenarnya oke dari catatan waktu mendekati best time. Dengan persiapan yang istilahnya minim karena setelah SEA Games kami diberi libur lumayan panjang dan pelatih saya dari Australia tidak dilanjutkan lagi, jadi masih pindah-pindah latihannya, Jakarta-Bali, ya bagus," kata Siman, usai tanding.

Nomor 50 meter gaya punggung sendiri akan menjadi nomor yang dipertandingkan Siman pada Asian Games 2018. Dia berharap hasil ini bisa menambah motivasinya untuk bisa lebih baik. Di Incheon, Siman hanya mampu meraih peringkat empat.

Sejauh ini, persiapannya menuju Asian Games sampai kini masih belum masuk program. Dia berharap awal Januari dirinya bisa melangsungkan training camp mengingat waktu persiapan menuju Asian Games tinggal delapan bulan lagi.

"Programnya sampai saat ini masih soal rencana training camp ke Amerika Serikat. Tetapi waktunya saya masih belum tahu, masih tunggu kabar. Harapan saya sih bisa lebih cepat. Minimal awal Januari sudah bisa jalan," kata peraih medali emas SEA Games 2017 ini.

"Nanti setelah training camp baru bisa latihan fokus di sini (satdion Akuatik Senayan). Inginnya sekitar satu bulan sebelum tanding jadi kami sudah adaptasi dulu."


(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed