DetikSport
Rabu 13 Desember 2017, 17:15 WIB

Kemenpora Sudah Kantongi Nama Kandidat CdM Asian Games 2018

Mercy Raya - detikSport
Kemenpora Sudah Kantongi Nama Kandidat CdM Asian Games 2018 Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto Foto: Rengga Sancaya/detikSport
Jakarta - Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto, telah memiliki kandidat Kepala Kontingen (Chef de Mission) Indonesia untuk Asian Games 2018. Nama-nama tinggal menunggu persetujuan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) belum menunjuk CdM kontingen Indonesia ke Asian Games 2018. Mereka menunggu acc pemerintah.

"Kami sudah bicara dengan Ketua KOI Erick Thohir untuk membahas soal CdM Asian Games 2018. Intinya sesegera mungkin pemerintah akan menetapkan kepala kontingennya untuk Asian Games karena ini event besar sehingga tak bisa sembarangan menetapkan figur," kata Gatot di sela-sela acara Seminar Chef de Mission Asian Games 2018 ke-18 di Hotel Mulia, Senayan, pada Rabu (13/12/2017).

"Tapi beberapa nama sudah ada di tangan untuk mendapatkan persetujuan dari Bapak Wakil Presiden (Jusuf Kalla)," ujarnya kemudian.

[Baca Juga: Indonesia Belum Tentukan CdM Asian Games]

Gatot mengatakan ketetapan CdM Indonesia paling lambat akan dilakukan akhir Januari dan Surat Keputusan (SK) akan ditandatangani Menpora Imam Nahrawi. Dia meyakini dengan waktu yang tersisa tidak akan jadi masalah karena segala kebutuhannya sebenarnya sudah dipersiapkan.

"Bisa kok. Toh, di luar itu persiapannya sebenarnya sudah secara kolektif. Ibaratnya 'karpet merah' sudah digelar jadi tinggal jalan. Tidak seperti saat SEA Games 2017 Malaysia kemarin," katanya.

"Siapapun tokohnya harus kredibel dan punya tanggung jawab penuh. Kriteria lainnya adalah karena ini akan menjadi sorotan seluruh pihak, termasuk masyarakat maka harapannya CdM yang ditunjuk bisa menjadi the man strategic person yang memenuhi harapan khususnya target prestasi. Tapi bukan berarti harus dari pelaku olahraga. Kami tak menutup kemungkinan akan datang dari kalangan pemerintah," Gatot membeberkan soal kriteria.



(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed