detiksport
Follow detikSport
Kamis, 14 Des 2017 00:31 WIB

Resmi! Para Legenda Olahraga Nasional Diganjar Rp 40 Juta Plus Piagam

Mercy Raya - detikSport
Foto: kemenpora.go.id Foto: kemenpora.go.id
Jakarta - Sebanyak 286 legenda olahraga secara resmi menerima penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Masing-masing diganjar Rp 40 juta.

Malam penghargaan digelar di Hotel Bidakara Jakarta pada Rabu (13/12/2017). Ajang itu dibuka secara langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi lewat gong yang dipukul di atas panggung, ditemani oleh Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta dan perwakilan Komisi X DPR RI.

Dalam sambutannya, Menpora Imam Nahrawi mengaku bangga berada di tengah-tengah para legenda. Dia yang selama ini hanya bisa menyaksikan perjuangan para legenda lewat televisi pada saat masih kecil, kini dia bisa memberikan sebuah penghargaan bagi para legenda yang tidak ternilai harganya.

"Saya tidak bisa menyebutkan satu persatu. Saya juga tidak bisa berkata apa-apa termasuk membaca teks sambutan ini. Sulit bagi saya untuk membaca karena perjuangan ketulusan tak bisa diukur dengan kata-kata kecuali terimakasih setinggi-tingginya untuk harkat martabat bangsa ini terhadap mereka yang sudah berdedikasi," kata Imam.

"Jika Bapak Isnanta tadi melaporkan ada sekian nominal, itu sangat kecil jika dibandingkan dengan perjuangan para legenda. Kalau bukan karena ketulusan mereka bisa saja bendera tidak bisa berkibar. Karena itu, saya sebagai pembantu Presiden Joko Widodo tentu harus menyampaikan terimakasih kepada bapak-ibu sekalian."

"Alhamdulillah juga malam ini hati saya betul-betul berdebar karena pernah mengidolakan dan sekarang bisa melihat secara langsung. Terimakasih. Terima kasih," tandas menteri asal Bangkalan itu.

Sementara itu, Raden Isnanta dalam laporannya mengatakan ada 286 yang menerima penghargaan dari pemerintah. Total sebulan yang lalu data telah dikumpulkan dan diverikasi oleh 9 orang, tidak hanya dari pelaku olahraga tetapi dari sejumlah bidang lain ikut memverifikasi jumlah yang diakomodasi.

"Sejauh ini sudah terakomodir semuanya. Kamis udah bentuk tim penilai dari induk organisasi olahraga masing-masing cabang olahraga dan panelis sebanyak sembilan orang dari media, PB, akademisi, dan lainnya," kata Isnanta.

Adapun kriteria legenda yang menerima penghargaan adalah yang berusia 45 tahun ke atas, punya reputasi di Olimpiade, Asian Games, dan SEA Games sebanyak tiga kali. Di luar itu adalah legenda yang berprestasi tak tinggi namun membuat magnet masyarakat atau melegenda di masyarakat.

Daftar cabang olahraga penerima penghargaan: anggar (3), atletik (12), angkat besi (6), bina raga (2), bulutangkis (44), balap sepeda (5), basket (4), bridge (7), catur (2), dayung (17), judo (12), karate (8), menembak (3), pencak silat (21), panahan (4), renang (7), sepakbola (54), selancar (1), senam (4), sepak takraw (2), tenis (11), tenis meja (11), tinju (6), voli (36), paralimpik (2) dan pebalap (2). (mcy/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed