detiksport
Follow detikSport
Kamis, 14 Des 2017 18:48 WIB

Atlet Asian Para Games 2018 Berharap Dapat Kursi Roda Full Karbon

Bayu Ardi Isnanto - detikSport
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikSport Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikSport
Solo - Bersiap menyambut Asian Para Games, atlet balap kursi roda berharap dapat dukungan dalam penyediaan alat. Salah satunya adalah kursi roda full karbon.

Demikian diungkapkan salah satu atlet balap kursi roda, Doni Yulianto. Kursi roda full karbon disebutnya merupakan kursi roda terbaik saat ini .

"Kemarin saya tanya ada pengajuan lagi enggak untuk Asian Para Games 2018. Saya minta jangan seperti tahun kemarin, kalau bisa yang paling baru, yang full karbon," kata Doni dalam sosialisasi APG 2018 di Solo Grand Mall, Kamis (14/12/2017).

Dengan bahan dari karbon, menurutnya bobot kursi roda menjadi lebih ringan. Selain itu, kursi roda senilai Rp 250 juta itu memiliki kemampuan aerodinamis yang lebih tinggi.

Sedangkan pada saat pelaksanaan ASEAN Para Games 2017 di Malaysia, kursi roda yang digunakan terbuat dari bahan campuran karbon dan aluminium. Namun demikian, kata Doni, peralatan itu sudah berstandar internasional.

"Di Malaysia kemarin sudah pakai yang berstandar internasional, sudah sama dengan negara lain. Banyak yang kaget ternyata Indonesia bisa memberikan peralatan yang bagus buat atletnya," ujar atlet kelas T-54 itu.

Peraih satu medali emas ASEAN Para Games 2017 itu menjelaskan, peralatan yang bagus tentunya harus didukung dengan kemampuan yang mumpuni. Menurutnya, atlet Indonesia pantas mendapatkan peralatan terbaik.

"Walaupun bagus tapi kalau enggak bisa menggunakan, ya tidak akan cepat. Saya saja belajar itu butuh waktu lama," ungkapnya. (din/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed