DetikSport
Jumat 15 Desember 2017, 18:15 WIB

500 Atlet dari 13 Negara Ramaikan Turnamen Karate di Bandung

Mochamad Solehudin - detikSport
500 Atlet dari 13 Negara Ramaikan Turnamen Karate di Bandung Foto: Mochamad Solehudin
Jakarta - Sebuah turnamen karate level internasional digelar di Bandung, Jawa Barat. Turnamen ini diikuti sebanyak 500 atlet dari 13 negara, termasuk Indonesia.

Ajang yang bertajuk Indonesia Karate Shoto Open Tournament and Seminar 2017 itu merupakan turnamen karate aliran Shotokan tingkat Asia. Baru kali ini ajang itu digelar di Indonesia.

Menurut Ketua Panitia Indonesia Karate Shoto Open Tournament and Seminar 2017 Adhannie Anggoro, Open turnament aliran Karate Shotokan ini merupakan ajang tahunan. Tahun 2016 lalu ajang tersebut digelar di Vietnam.

"Ini event tahunan. Sebelumnya selalu digelar di Jepang, tapi sudah tiga tahun kemrin ini digelar di luar Jepang. Kemarin (2016) di Vietnam dan sekarang di Indonesia," kata Anggoro saat ditemui di Sabuga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jumat (15/12/2017).

500 Atlet dari 13 Negara Ramaikan Turnamen Karate di BandungFoto: Mochamad Solehudin

Rencananya turnamen itu digelar selama tiga hari yakni pada tanggal 15-17 Desember mendatang. Untuk tempatnya, kata Anggoro, seluruhnya terpusat di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung.

Untuk peserta, Anggoro memaparkan bahwa ajang ini melibatkan 500 atlet dari 13 negara termasuk Jepang, Iran, Malaysia, Filipina, Australia, Singapura, Nepal, Vietnam, dan Indonesia.

Para peserta juga bukan atlet sembarangan. Panitia mewajibkan para partisipan sudah pernah menjuarai event tingkat nasional di negaranya masing-masing.

"Jumlah peserta kita batasi. Enggak sembarangan. Jadi syaratnya dari seluruh peserta wajib melampirkan piagam juara di event manapun tingkat nasional," ucap Anggoro.

Ia kemudian memaparkan bahwa untuk pertandingan sendiri ada dua kategori yang dipertandingkan dengan berbagai kelas. Kategori kata perorangan atau beregu dan komite.

"Untuk kelas mulai dari youth di bawah 10 tahun, terus children di bawah 14 tahun, kadet 14-16 tahun, junior 17-18 tahun dan senior," ucapnya.

500 Atlet dari 13 Negara Ramaikan Turnamen Karate di BandungFoto: Mochamad Solehudin

Ajang tersebut, seperti terindikasi dari namanya, juga bukan semata turnamen. Pada hari terakhir akan ada seminar dari guru besar karate aliran Shotokan asal Jepang, Masao Kagawa. "Nanti hari minggu ada seminar dari Masao Kagawa," ujar Anggoro.

Indonesia Karate Shoto Open Tournament and Seminar tersebut akan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum PB Inkanas Badrodin Haiti dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, pada hari Sabtu (16/12) besok.

"Untuk pembukaan resminya besok. Rencananya Pak Kapolri akan hadir," tuturnya.



(krs/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed