detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 17 Des 2017 20:49 WIB

Perguruan Ini Gelar Turnamen untuk Cari Pejudo Berbakat di Indonesia

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Arena MMA Indonesia baru saja selesai menghelat turnamen internalnya. Ini bertujuan untuk mencari bakat pejudo Indonesia sedari usia dini.

Sejak digelar tahun 2015, Turnamen ini memasuki edisi ketiga dan dinamai The 3rd Arena Internal Cup Judo Competition 2017 yang berlangsung Arena MMA Indonesia, Patal Senayan, Jakarta, Senayan, Minggu (17/12/2017).

Ada lebih dari 15 kelas kategori dipertandingan termasuk kategori anak usia di bawah 6 tahun dan 10 tahun dengan total 70 peserta.

Thema Aradea selaku Pimpinan Arena MMA Indonesia menyakini kegiatan ini setidaknya akan ikut mengatrol prestasi generasi muda di kemudian hari. Ia mengemukakan bahwa tidak banyak perkumpulan atau gym yang membidik kompetisi yang sasarannya adalah anak usia pelajar dan di bawah umur.

"Ke depannya kami mewacanakan akan mempromosikan tiga cabang olahraga beladiri yakni, Judo, Jujitsu dan Sambo, di mana pelaksanaanya akan mengambil jarak 3 sampai 4 bulan setiap tahunnya. Untuk di bulan Januari mendatang bahkan sudah dikonsep Kompetisi NEWAZA Jujitsu sebagai program Awal dari Arena MMA Indonesia," ujar Thema dalam rilis kepada detikSport.

Perguruan Ini Gelar Turnamen untuk Cari Pejudo Berbakat di IndonesiaFoto: Istimewa

"Kami belum menentukan apakah kegiatan ini bisa diikuti oleh perkumpulan atau gym yang terafiliasi dengan kami atau tidak, mengingat banyaknya respon keikutsertaan dari perkumpulan lainnya. Yang pasti Arena MMA Indonesia berkomitmen untuk ikut memajukan prestasi olahraga judo di Indonesia," sambungnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan Ruslan Muji Beja Raharja, mengatakan bahwa kompetisi internal ini setidaknya dapat memacu fisik dan mengasah mental para atlet mengingat ke depannya program ini akan dilaksanakan sekurangnya dua kali setahun.

"Internal Cup itu sendiri memang diperuntukkan bagi anggota internal perkumpulan yang semakin banyak peminatnya hari demi hari. Bahkan beberapa Klub Judo dari mancanegara kedepannya sudah menyampaikan keinginannya untuk bisa terlibat dan mengikuti kegiatan ini seperti India, Singapura, Malaysia, dan Australia," tutur Ruslan.

Di sisi lain, Rony N. Hendropriono sebagai Pembina kegiatan Internal Cup di Arena MMA Indonesia bahkan memastikan bahwa Kegiatan seperti Internal Cup yang dikelola oleh Subhan Prasandra selaku Intruktur Judo di Arena MMA Indonesia, setidaknya bisa membentuk suatu opini positif dan ketertarikan beberapa stake holder untuk ikut mendukung kegiatan sebagai sponsor di kemudian hari.

Terlebih di tahun 2018 mendatang Arena MMA Indonesia telah memastikan untuk mengelola kompetisi Hendropriono Cup dan rangkaian kegiatan Ksatria Fight Muaythai Series. Kompetisi beladiri bergengsi tingkat nasional dan Internasional ini digelar untuk persiapan Asian Games 2018.

Tidak menutup kemungkinan bahwa rangkaian Kompetisi ini akan mengikuti Sukses pelaksanaan Kompetisi yang juga dikelola oleh Subhan Prasandra dan Arena MMA Indonesia sebelumnya, seperti Kompetisi Judo Internasional dan Kejurnas Jujitsu GANESA CUP yang rutin digelar tiap tahunnya di Jakarta dan sekitarnya.


(mrp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed