DetikSport
Minggu 17 Desember 2017, 22:50 WIB

Begini Cara Pegolf Lokal Cari Pengalaman

Muhammad Idris - detikSport
Begini Cara Pegolf Lokal Cari Pengalaman Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BNI menaruh perhatian serius pada pengembangan atlet golf Indonesia. Menurutnya, Indonesia perlu lebih banyak menggelar kompetisi golf level internasional untuk menambah pengalaman dan jam terbang pegolf lokal untuk berprestasi di kancah dunia.

Direktur Utama BNI, Achmad Baiquni, mengatakan pengembangan pegolf lokal salah satunya dilakukan BNI dengan mendukung terselenggaranya Indonesian Masters 2017. Turnamen golf itu selama ini jadi agenda tetap PGA Asian Tour ini diikuti puluhan pegolf papan atas dunia. Sebut saja Justin Rose, pegolf Inggris berperingkat 6 dunia. Belum lagi pegolf asal AS, dan juga mancanegara.

"Harapan kita di keikutsertaan ini, mensponsori Indonesian Masters pertama adalah kita ingin mencetak golfer-golfer nasional agar mereka bisa bersaing di kancah internasional. Melalui event-event internasional ini mereka terbangun percaya dirinya, kedua sebagai pemanasan menjelang Asian Games tahun depan," jelas Baiquni ditemui di Royale Jakarta Golf Club, Minggu (17/12/2017).

Tak kalah penting, sambungnya, gelaran Indonesian Masters bisa mendongkrak promosi pariwisata Indonesia. Apalagi saat ini, pemerintah tengah agresif meningkatkan jumlah wisatawan ke 10 destinasi utama pariwisata Indonesia.

"Ketiga yang menurut saya sangat penting yaitu mempromosikan Indonesia untuk pariwisata. Karena ada 10 destinasi yang sangat menarik, kegiatan ini diliput di 150 negara, itu ajang promosi yang sangat bagus. Saya rasa itu tujuan keikutsertaan BUMN dalam Indonesian Masters 2017," ungkap Baiquni.

Secara tidak langsung, BNI yang berperan sebagai sponsor utama, turnamen Indonesian Masters ini cukup efektif meningkatkan reputasi BNI dalam skala global. Apalagi, BNI sendiri cukup agresif memperkuat bisnis internasionalnya lewat 8 cabang yang dimilikinya di luar negeri.

"Ini kepedulian BNI (agar) bisa partisipasi mencetak golfer-golfer nasional. Kemudian ini kan diliput media internasional, jadi promosi untuk BNI, bahwa BNI tak hanya bank berwawasan nasional tapi juga internasional," papar Baiquni.

Menurutnya, BNI tak sendirian dalam menyokong terselenggarannya Indonesian Masters 2017. Lewat sinergi BUMN, BNI juga bekerja sama dengan bank Himbara lainnya mensukseskan turnamen golf dunia tersebut. Tak menutup kemungkinan, pihaknya kembali berpartisipasi di tahun depan.

"Bagi BNI ikut sebagai sponsor dalam Indonesian Masters merupakan kedua kalinya, pertama tahun lalu. Tapi pada tahun ini berbeda, karena bukan hanya BNI tapi Himbara yakni bank-bank milik pemerintah yang tergabung dalam asosiasi antara lain ada Mandiri, BTN, dan BRI. Plus ada Telkom, tujuannya kita tunjukan melalui sinergi BUMN, banyak tujuan pemerintah bisa kita capai," ujar Baiquni.

Sementara itu, Coorporate Secretary BNI, Ryan Kiryanto, menjelaskan adanya Indonesian Masters menjadi stimulus peningkatan minat anak muda Indonesia pada golf. Dengan bertarung bersama pegolf dunia, para pegolf Indonesia menikmati atmosfer pertarungan dengan pegolf papan atas, mempelajari teknik dan skill mereka, bahkan mencermati bagaimana para pegolf dunia itu bersikap saat beraksi di lapangan.

Sementara bagi pegolf asing, hadiah total US$ 750.000 jadi rangsangan tersendiri untuk tampil, terlebih juga buat mengejar poin peringkat karena Indonesian Masters jadi agenda pamungkas PGA Asian di tahun 2017.

"Faktor yang seperti itulah yang juga jadi juga salah satu poin yang ingin kami suguhkan bagi para pegolf lewat dukungan kami di Indonesian Masters ini," tutur Ryan.

Diungkapkannya, selain menumbuhkan industri pariwisata, turnamen ini juga menciptakan serapan tenaga kerja, misalnya kebutuhan atas caddy dan golf car driver. Lebih jauh Ryan menyebut, dengan kehadiran pegolf internasional, sekaligus menunjukkan betapa Indonesia itu aman, indah, dan nyaman. Hal itu bisa lebih menarik minat turis asing.

"Bukan tak mungkin mereka bercerita kepada kolega dan kerabat soal Indonesia. Itu secara tak langsung menjadi 'duta' promosi Indonesia," tandas Ryan.
(nwy/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed