detiksport
Follow detikSport
Senin, 18 Des 2017 17:07 WIB

Wakapolri Ditunjuk Jadi CdM Indonesia di Asian Games 2018

Muhammad Taufiqqurrahman - detikSport
Foto: Wakapolri Komjen Syafruddin (Rina-detikcom) Foto: Wakapolri Komjen Syafruddin (Rina-detikcom)
Jakarta - Wakapolri Komjen Pol Sjafruddin resmi ditunjuk untuk menjadi ketua kontingen/Chef de Mission (CdM) Indonesia di Asian Games 2018.

Komite Olahraga Indonesia (KOI), dalam surat nomor 387/UMM-KOI/XII/2017, mengangkat Wakapolri sebagai CdM. KOI memang diberi kewenangan mengangkat CdM untuk ajang multicabang internasional, sesuai dengan UU No.3 tahun 2005, Olympic Charter, dan AD ART KOI.

Dalam surat tersebut, Ketua Umum KOI Erick Thohir menyampaikan kepada Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bahwa Wakapolri Komjen Pol Sjafruddin resmi diangkat sebagai CdM Indonesia untuk Asian Games tahun depan.

Hal ini juga ditegaskan oleh Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto usai rapat di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2017).

"Beliau (Wakapolri) ditunjuk sebagai CdM. Kami untuk hari-hari berikutnya itu harus dipastikan karena Kemenpora itu bertanggungjawab di bidang prestasi olahraga, seluruh yang jadi kepentingan atlet sudah tuntas," kata Gatot.

Menurut Gatot, rapat bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) itu turut memutuskan bahwa pada tahun 2018 mendatang Indonesia akan fokus pada prestasi atlet.

"Arahan beliau ada dua hal yang penting. Tahun depan itu tak ada lagi persoalan terkait dengan masalah INASGOC tetapi lebih fokus kepada masalah prestasi," ucap Gatot.

Rapat itu juga membahas proposal yang harus masuk dari cabang olahraga, apalagi telah mendekati deadline. Selanjutnya Gatot menyebut wapres telah menegaskan bahwa peraturan yang telah disepakati wajib dilaksanakan.

"Peraturan, misal anggaran harus digunakan tahun ini, ya hari ini harus digunakan. Tahun depan itu urusan penggunaan anggaran yang berikutnya itu aja," ucapnya.

Sementara itu, Sjafruddin menyebut tugasnya fokus pada persiapan atlet. "Lebih untuk prestasi dan penyiapan atlet masuk ke gelanggang. Orientasinya prestasi, medali emas."

Sjafruddin menyebut dirinya juga sudah mendapat pesan khusus dari JK agar kontingen Indonesia dapat menghasilkan prestasi semaksimal mungkin, melebihi yang sebelum-sebelumnya.


(tfq/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed