detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 21 Des 2017 14:06 WIB

Transgender, Tiffany Abreu Dulu Main di Liga Voli Pria, Kini di Liga Wanita

Doni Wahyudi - detikSport
Tiffany Abreu jadi atlet transgender pertama di kompetisi voli Brasil (ist.) Tiffany Abreu jadi atlet transgender pertama di kompetisi voli Brasil (ist.)
Jakarta - Beberapa tahun lalu publik Brasil kerap menyaksikan Tiffany Abreu bermain voli di liga voli pria. Tapi beberapa hari lalu dia memperkuat klub voli wanita.

Tiffany Abreu berusia 33 tahun saat melakukan debutnya di liga voli wanita level teratas Brasil pada Selasa (19/12/2017). Tapi itu bukan benar-benar pertandingan perdana dia, soalnya beberapa tahun lalu dia sudah bermain di kompetisi yang sama namun pada kategori pria.

Dikutip dari Yahoosports, Tiffany Abreu adalah atlet voli transgender pertama di Liga Brasil. Dia memutuskan mengubah jenis kelaminnya pada 2012 lalu.

Meski telah berubah dari laki-laki menjadi perempuan, Tiffany tidak bisa langsung tampil di kompetisi voli profesional negaranya. Disebutkan kalau dia harus menunggu periode transisi untuk kemudian bisa main bersama klub wanita.

"Saya melakukan apa yang harus saya lakukan setelah agen saya bilang saya bisa bermain untuk tim putri. Dia tahu soal aturannya dan bilang kalau ada transgender lain yang bermain di liga yang lebih kecil," kata Tiffany.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) juga sudah mengizinkan atlet transgender untuk turun di turnamen internasional. Tiffani kini membidik tampil memperkuat Brasil di Olimpiade 2020.

Transformasi dari Rodrigo Pereira de Abreu menjadi Tiffany AbreuTransformasi dari Rodrigo Pereira de Abreu menjadi Tiffany Abreu Foto: ist (lpp.mx)


"Tiffany secara legal sudah tepat bermain di Superliga (level teratas kompetisi voli Brasil). Saya tak punya masalah memasukkan dia ke tim," ungkap pelatih Brasil, Jose Roberto Guimaraes.

Mengubah jenis kelamin membuat Tiffany juga mengganti namanya. Sebelumnya dunia olahraga Brasil mengenal dia dengan nama Rodrigo Pereira de Abreu. (din/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed