detiksport
Follow detikSport
Jumat, 22 Des 2017 12:05 WIB

Pelajar Sumsel, Saatnya Hidupkan Demam Asian Games 2018!

Niken Widya Yunita - detikSport
Foto: Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan pelajar Sumsel (Dok. Pemprov Sumsel) Foto: Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan pelajar Sumsel (Dok. Pemprov Sumsel)
Palembang - Gubernur Sulawesi Selatan, Alex Noerdin, berhasrat agar Palembang demam Asian Games 2018. Dia mengajak pelajar untuk menggaungkannya.

Asian Games di Palembang dan Jakarta digulirkan mulai 18 Agustus-2 September 2018. Pesta olahraga empat tahunan itu diramaikan perwakilan dari 45 negara Asia.

Palembang akan memusatkan kompetisi di Jakabaring Sport City (JSC). Sebelum sampai hari H, Palembang berupaya menumbuhkan demam Asian Games

"Modal kita hanya Jakabaring, yang dulu tahun 2010 masih rawa-rawa tengah Kota Palembang. Sumsel punya waktu 11 bulan, untuk menyulap rawa-rawa ini menjadi Kota Olahraga Internasional. Makanya Asian Games ini pelajar harus terlibat, gaungkan Asian Games," ucap Alex dalam keterangan tertulis dari Pemprov Sumsel, Jumat (22/12/2017).

Untuk itu pelajar se-Sumsel dan Komunitas Futsal disosialisasikan acara Asian Games di Griya Agung, Palembang, Rabu (20/12/2017). Pelajar tersebut terdiri dari 24 SMA negeri, 9 SMK negeri, dan 10 SMA swasta. Dalam kesempatan itu, Alex membagi-bagikan handphone kepada para pelajar yang bisa menjawab pertanyaannya seputar Asian Games.

Dikatakannya, dari 34 provinsi di Indonesia, Sumsel bukan provinsi yang terkaya dan terbesar. Tapi sekarang diakui bahkan oleh dunia, bahkan rakyat Sumsel memiliki semangat dan motivasi untuk membangun daerah.

Namun, untuk membangun daerah tentu tidak bisa menggunakan APBD sendiri melainkan dengan cara mencari investor. Cara mencarinya dengan mempromosikan Sumsel melalui jalur cepat yaitu event olahraga baik secara nasional, regional, bahkan internasional.

Sumsel terus menggelar event-event baik tingkat nasional maupun internasional. Seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004, Sea Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013 dan Asean University Games 2014. Bahkan, baru-baru ini terus menggelar beberapa event Internasional dan terbukti 39 kejuaraan internasional berlaga di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Karena itu, dari 34 provinsi di Indonesia hanya dua kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yaitu Jakarta dan Palembang. Menurut Alex, banyak orang bertanya kenapa Sumsel terpilih dan dipercaya sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Selain memiliki pengalaman menyelenggarakan event internasional dan fasilitas olahraga lengkap, Sumsel merupakan daerah zero konflik. Hal itu juga dilihat melalui komitmen pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat Sumsel yang bersama menjaga kerukunan antar etnis dan kerukunan antar umat beragama.

Di samping itu, penyelenggaraan Asian Games juga menjadikan Palembang sebagai kota wisata olahraga di Indonesia. Hal ini berdampak pada meningkatnya kunjungan wisata.

(nwy/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed