DetikSport
Kamis 04 Januari 2018, 16:57 WIB

Wagub Sandi Gandeng Iwapi untuk Buat Suvenir Asian Games 2018

Marlinda Oktavia Erwanti - detikSport
Wagub Sandi Gandeng Iwapi untuk Buat Suvenir Asian Games 2018 Foto: Marlinda Oktavia Erwanti
FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bertemu Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) di Balai Kota DKI untuk membahas peningkatan kemitraan antara Iwapi dan Pemprov DKI.

"Hari ini kita sepakati peningkatan kemitraan dari segi bagaimana kita bisa menciptakan lapangan kerja, bagaimana kebijakan-kebijakan Pemprov DKI bisa memberikan masukan, ruang, dan tempat kepada pengusaha perempuan," tutur Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2018).

Beberapa insiatif yang disumbangkan untuk menindaklanjuti peningkatan kemitraan itu adalah dengan menggandeng Iwapi dalam pembuatan merchandise Asian Games. Sandi menilai gaung Asian Games 2018 masih belum ramai.

"Jadi saya mencoba bagaimana mendorong agar UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) bekerja sama dengan Iwapi untuk dibuat kemeriahan dari segi merchandise, suvenir, yang bisa mulai meningkatkan animo masyarakat terhadap Asian Games," ujarnya.

Sandi juga ingin organisasi perempuan yang 85 persen anggotanya merupakan UMKM itu, dapat aktif dalam penciptaan lapangan kerja di Kepulauan Seribu. Salah satunya, kata Sandi, melalui pembukaan cabang Iwapi di kepulauan terluar di DKI itu.

"Dan terakhir dari kebijakan-kebijakan Pemprov seperti penataan Tanah Abang kemarin kita lihat juga 60% dari yang kami tata, maupun yang belum sempat ditata itu dari pengusaha perempuan. Pengusaha kecil mandiri (PKM) itu adalah dari pengusaha perempuan," tutur Sandi.

"Jadi kita butuh pelatihan dari Iwapi bekerja sama dengan OK OCE untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas daripada pengusaha khususnya yang ada di usaha mikro," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Iwapi DKI Jakarta Tatyana Sentani Sutara menyebut kedatangannya bersama sejumlah anggota Iwapi adalah untuk mendukung program pemberdayaan ekonomi Pemprov DKI. Ia juga ingin kerjasama Iwapi dengan Pemprov DKI terus ditingkatkan.

"Agar tercipta pemberdayaan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di Jakarta," ungkapnya.

Turut hadir dalam pertemuan itu Kepala Dinas UMKM dan Perdagangan Irwandi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta Dien Emawati, dan Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) DKI Jakarta Nur Asia Uno.




(krs/fem)

FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed