detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 08 Jan 2018 19:50 WIB

Agar Tak Bentrok Imlek, Test Event Asian Games Angkat Besi Dimajukan

Mercy Raya - detikSport
Lifter nasional Sri Wahyuni turut berikrar menuju Asian Games 2018. (Akbar Nugroho Gumay/Antara) Lifter nasional Sri Wahyuni turut berikrar menuju Asian Games 2018. (Akbar Nugroho Gumay/Antara)
Jakarta - Test event Asian Games 2018 cabang angkat besi dimajukan. Itu agar tak bentrok dengan Hari Raya Imlek.

Test event Asian Games akan digelar pada 10-18 Februari di Jakarta. Miniatur Asian games 2018 itu akan menggelar pertandingan sembilan cabang olahraga secara bersamaan. Selain angkat besi. cabang olahraga lain yang akan manggung adalah atletik, bola basket, bola voli, tinju, pencak silat, sepakbola, taekwondo, dan panahan.

Khusus cabang angkat besi dijadwalkan akan bergulir 11 sampai 14 Februari 2018. Jadwal itu maju dua hari dari jadwal yang direncanakan bakal selesai pada 17 Februari.

"Awalnya akan digelar 11 sampai 17 Februari. Tapi menurut kami terlalu lama jika tujuh hari karena angkat besi tak seperti cabor permainan yang menggunakan kualifikasi sehingga dijadwalkan 11 sampai 14 Februari. Harapannya juga atlet yang merayakan imlek bisa kembali lebih cepat. Mereka bisa kembali pada 15 Februari," kata Kabidbinpres PABBSI Alamsyah Wijaya di pelatnas angkat besi di Kwini II, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2018).

Tak hanya itu, test event angkat besi juga hanya menampilkan 7 negara, dari sebelumnya diharapkan diikuti 10 negara. Tujuh negara itu di antaranya Thailand, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, dan Arab Saudi.

"Kebetulan yang mengundang bukan dari kami (PABBSI) tapi dari INASGOC. Waktunya memang mepet sehingga jumlahnya lebih sedikit," ujar dia.

Maka itu pula, test event ini tak diekspetasikan akan diikuti atlet -atlet utama karena baru sekadar uji coba.

"Kami tidak bisa berharap mereka bawa atlet utama karena bukan agenda resmi angkat besi internasional. Di sini bukan gengsi berada makanya negara-negara peserta bisa jadi hanya mengirim atlet-atlet sekolah olahraga," ujar Dirdja yang juga menjabat sebagai head coach timnas angkat besi itu.

Sementara itu, manajer tim pelatnas angkat besi Dirdja Wihardja, mengatakan test event Asian Games hanya sebagai uji coba timnya sebelum melakoni training camp di Jepang dan China.

"Kami canangkan atlet turun di kelas masing-masing. Apakah akan tampil all out, kami akan melihat situasi tapi saya rasa tidak perlu maksimal. Nanti bisa terbaca lawan," Dirdja mengungkapkan. (mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed