detiksport
Follow detikSport
Senin, 08 Jan 2018 23:16 WIB

Dana Pelatnas Asian Games 2018 Bisa Cair Bulan Ini

Rina Atriana - detikSport
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menpora Imam Nahrawi mengaku diminta Chef de Mission (CdM) Asian Games 2018, Komjen Sjafruddin, agar atlet segera menggelar pelatnas. Terkait hal tersebut, Menpora berharap dana untuk pelatnas bisa cair Januari ini.

"Mestinya kita harapkan awal bulan ini, tapi kan kemarin kan ada yang tidak mau MoU, karena proses pencairan itu harus MoU dulu baru kita lakukan transfer," kata Menpora di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2017).

Menurut Menpora, seharusnya MoU selesai minggu ini. Pihaknya akan kembali mengajak bicara pihak-pihak yang masih keberatan dengan proses verifikasi pembagian anggaran.

"Kita akan ajak bicara lagi nanti. Tadi pak CdM minta kita untuk lakukan pertemuan setiap minggu dengan cabang olahraga karena kita ini harus kompak, harus solid," ujar Imam.

Menpora memastikan semua pihak diajak bicara dalam proses verifikasi pembagian anggaran. Namun dia mengakui memang ada perbedaan terkait anggaran untuk cabang olahraga tim dan individual.

"Memang ada rasionalisasi yang harus mereka terima, karena memperlakukan cabang olahraga individual dan tim itu pasti berbeda. Karena apa? perbedaannya itu kadang di individual atletnya dua, tentu uang sakunya sedikit dong," jelas Imam.

"Tapi di tim uang sakunya pasti banyak kan, karena orangnya banyak. Nah hal-hal begini ini yang perlu dijelaskan, dan Alhamdulillah semuanya menerima kok, kecuali yang belum puas," imbuhnya.

Beberapa cabang olahraga menjadi cabor prioritas. Misalnya saja bulutangkis, angkat besi, dan panahan.

"Seperti 19 cabang olahraga itu mendapatkan lebih. Lebih itupun uang saku, akomodasi itu sama. Lebih itu di try out dan training camp. Seperti bulutangkis, kemudian dayung, jet ski, angkat besi, panahan, sepeda, karate, taekwondo, yang berpotensi medali," bebernya. (rna/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed