detiksport
Follow detikSport
Jumat, 12 Jan 2018 14:01 WIB

Menpora Gelar Rapat Koordinasi Asian Games dengan 40 Cabor

Mercy Raya - detikSport
Foto: Dok: Kemenpora Foto: Dok: Kemenpora
Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menggelar rapat koordinasi Asian Games 2018 bersama seluruh cabang olahraga. Pertemuan ini diharapkan menjadi titik temu polemik anggaran pelatnas.

Rapat koordinasi digelar di Wisma Kemenpora, Senayan, Jumat (12/1/2018) sejak pukul 10.30 WIB. Rapat dihadiri 40 cabor, Wakil Ketua KONI Suwarno, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) Erick Thohir, dan Kepala Kontingen Asian Games Sjafruddin.

Dalam sambutannya, Imam mengatakan rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari arahan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Diharapkan ada keterbukaan dari masing-masing pelaku olahraga, tidak hanya pemerintah namun dari pelaku cabornya itu sendiri.

"Pada rapat dengan bapak Wapres (Jusuf Kalla) kemarin, atas saran dari Chief de Mission (Sjafruddin), bahwa kami semua harus saling koordinasi, curhat (curahan hati), dan lebih-lebih setelah ini kami akan mengintensifkan pertemuan agar soal-soal teknis administrasi bisa diselesaikan secara internal," kata Imam.

"Tetapi yang paling penting adalah semua komitmen cabang olahraga ini untuk mengangkat harkat martabat bangsa ini menuju sukses Asian Games dan semangat ini yang perlu kami kobarkan ke seluruh tanah air agar CdM, atlet, manajer tidak berjalan sendiri tapi disupport oleh seluruh anak bangsa. Apalagi Asian Games ini merupakan pertaruhan bangsa Indonesia," ujar dia lagi.

Menpora juga berjanji akan memperbaiki setiap hal yang sudah menyebabkan tersendatnya pemusatan latihan atlet, sehingga persiapan jelang multievent pun jauh dari kata maksimal.

"Termasuk mempercepat seluruh proses fasilitas kepada atlet pelatih manajer dan tentu tenaga yang terlibat dalam pelatnas. Yang kedua, tentu kami juga berharap ada rasionalisasi anggaran harus betul-betul diterima sebagai bagian nomor event yang akan memberikan medali bagi Indonesia," ujar menpora.

Imam juga mengatakan bahwa pertemuan ini juga sudah membuat ada 21 cabor, dari 40 cabor, yang melakukan penandatangan Momerandum of Understanding (MoU) anggaran pelatnas 2018.

"Alhamdullilah, ini kekompakan luar biasa. Apalagi CdM juga hadir dan akan mendistribusikan anak buahnya untuk membantu dan seluruh cabor agar seluruh soal administrasi, teknis, bisa berjalan dengan baik," ujarnya.


(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed