detiksport
Follow detikSport
Selasa, 16 Jan 2018 17:00 WIB

Dewi Yuliawati, Tentang Persiapan Asian Games 2018 dan Hijab

Mercy Raya - detikSport
Foto: Mercy Raya/detikSport Foto: Mercy Raya/detikSport
Bandung - Menjelang Asian Games 2018, pedayung Dewi Yuliawati masih berusaha mencapai kondisi 100%. Di ajang itu nanti, ia juga akan tampil beda dengan mengenakan hijab.

Dewi merupakan olimpian Rio de Janeiro 2016. Saat itu ia tak mampu lolos ke perempatfinal setelah hanya menempati posisi terakhir babak repechage cabor dayung nomor scull perseorangan putri. Saat itu, Dewi juga mengalami cedera punggung saat kualifikasi Olimpiade sehingga hasilnya pada saat perlombaan kurang maksimal.

Setelah tak mampu melanjutkan ke babak berikutnya, Dewi kembali ke Jakarta untuk melakukan pemulihan bersama dr. Andi Kurniawan dari Satlak Prima. Pada prosesnya Dewi sudah bisa kembali berlatih dengan rekan-rekannya di pelatnas rowing di Situ Cileunca Pangalengan, Kabupaten Bandung, sejak Desember 2017.

Namun demikian, kondisi atlet DKI Jakarta itu belum 100%. Tapi Boudewijn van Opstal, pelatih asing cabang rowing Indonesia, mengatakan Dewi akan tetap turun di Asian Games 2018.

"Dia akan tetap mengikuti lomba tetapi kami akan melihat nanti seperti apa," kata Boudewijn di Bandung, Selasa (16/1/2018).

Dari pantuan detikSport di lokasi pelatnas rowing di Situ Cileunca Pangalengan, Kabupaten Bandung, Dewi melakoni latihan bersama 20 rekan pedayung lainnya. Saat itu dia tengah melatih daya fisik menggunakan ergometer.

"Sebenarnya kalau saya sih step by step saja untuk bisa membalikkan kondisi seperti dulu. Sekarang sudah 75 persen. Tinggal mengembalikan teknisnya saja," kata Dewi.

"Saya juga optimistis saja. Jika melihat kemarin dengan kondisi yang sekarang ya mencoba untuk lebih baik lagi. Target dari pelatih juga tidak ada yang penting lakukan yang terbaik dulu karena sisa waktu sudah tidak lama."

"Tetapi saya pribadi menargetkan bisa meraih medali," ucap dia mengharapkan.

Kini Tampil Berhijab

Dalam sesi latihannya itu sendiri, Dewi tampak berbeda dibandingkan sebelumya. Saat ini ia sudah mengenakan hijab.

"Iya ini baru-baru saja pakai hijab. Saya merasa dapat hidayah pada saat umroh kemarin. Jadi Insya Allah lancar pakai hijab terus," kata Dewi.

Dewi mengaku sudah mantap dengan keputusan itu. Ia cuma perlu membisakan diri saja pada awalnya, terlebih jenis olahraga yang ia geluti bersinggungan dengan air dan cuaca.

"Awalnya aneh, tidak biasa, dan repot juga karena pakaiannya harus tertutup, panjang segala macam. Tapi setelah itu biasa saja mungkin karena waktu di Mekkah juga pakai jilbab terus jadi keterusan sampai di Jakarta," ucapnya menjelaskan.

"Saya sih belum pernah coba saat pertandingan. Nanti Asian Games menjadi debutan saya pakai hijab. Tapi harapannya dengan kondisi saya yang seperti ini bisa sekaligus membuktikan saya bisa."

"Sekaligus memotivasi teman-teman saya juga untuk menggunakan hijab dan bisa seperti saya," tutur Dewi.


(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed