detiksport
Follow detikSport
Selasa, 16 Jan 2018 18:30 WIB

Pelatih Thailand Paksa Popsivo Bermain Pintar

Femi Diah - detikSport
Pelatih Popsivo Polwan di Proliga 2018, Apichat Kongsawat (Femi Diah/detikSport) Pelatih Popsivo Polwan di Proliga 2018, Apichat Kongsawat (Femi Diah/detikSport)
Jakarta - Jakarta Popsivo Polwan ditangani pelatih asal Thailand, Apichat Kongsawat, untuk menyongsong Proliga 2018. Ada detail berbeda yang harus dijalani para pemainnya.

Popsivo menggeber persiapan di Padepokan Voli, Sentul, Jawa Barat. Mereka tak lagi ditangani Eko Waluyo. Kursi pelatih dipercayakan kepada asisten pelatih timnas Thailand, Apichat.

Berpengalaman bergabung dengan tim-tim Proliga dan Timnas voli putri, Rianita Panirwan menilai Apichat memberikan metode latihan yang berbeda. Bukan lagi asal ngotot, tapi para pemain diminta tampil cerdik.

"Pelatih baru ini bikin lebih antusias, senang. Kalau selama ini Thailand dan Timnas kita selalu menjadikan Jepang sebagai kiblat, tapi dia dan timnas Thailand sudah berkiblat ke Eropa," kata Rian, sapaan karin Rianita Panirwan, kepada detikSport, di sela-sela perkenalan Popsivo di Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Rianita Panirwan (tengah) dan pemain Popsivo ditangani pelatih asal Thailand. Rianita Panirwan (tengah) dan pemain Popsivo ditangani pelatih asal Thailand. (Femi Diah/detikSport)

"Dia memberikan metode latihan yang baru. Kalau sebelumnya fisik diutamakan, tapi kini lebih banyak game situation. Dia menekankan bagaimana sebuah tim bermain pintar," dia menjelaskan.

"Dia juga menganggap kalau para pemain di tim adalah pemain-pemain yang sudah matang dan memang layak tampil di Proliga," Rian menambahkan.

Berangkat Awal ke Yogyakarta

Popsivo tak akan membuang peluang untuk mendapatkan poin maksimal pada seri pertama Proliga 2018. Popsivo akan berjumpa dengan Gresik Petrokimia dan Jakarta BNI Taplus pada seri pertama di Yogyakarta, 19-21 Januari nanti.

Kekuatan tim putri diprediksi tak mengalami banyak perubahan kendati beberapa tim melakukan perombakan besar-besaran, seperti PLN Elektrik. Untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang kekuatan lawan, Popsivo berangkat ke Yogyakarta lebih awal.

"Kekuatan tim putri di Proliga tak akan mengalami banyak perubahan. Setiap tim akan sangat terpengaruh dengan kemampuan pemain asing," ujar Ayip Rizal, asisten pelatih Popsivo.

"Makanya, kami ke Yogyakarta lebih awal agar bisa mengintip permainan tim-tim lawan," Rian menimpali.


(fem/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed