DetikSport
Kamis 18 Januari 2018, 18:55 WIB

Anggaran Mepet, PRSI Siasati Uji Coba

Mercy Raya - detikSport
Anggaran Mepet, PRSI Siasati Uji Coba Foto: Sigid Kurniawan/Antara
FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Jakarta - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) tak mendapatkan dana pelatnas sesuai proposal Asian Games 2018. Mereka pun selektif dalam beruji coba.

PRSI mengajukan dana pelatnas Rp 9,9 miliar. Oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dana pelatnas hanya di-acc Rp 24,6.

Selain jumlah anggaran, Kemenpora juga hanya menyetujui 16 untuk menjalani pelatnas. PRSI mengajukan pelatnas diisi 16 atlet.

Agar pelatnas tetap berjalan ideal, PRSI memprioritaskan atlet berpotensi medali untuk mengikuti uji coba.

"Pada dasarnya kami akan memanfaatkan dan memaksimalkan apa yang diberikan pemerintah. Namun, kami juga akan mencari sumber pendanan yang lain, apakah itu seperti sponsor atau swadaya," kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PRSI Wisnu Wardhana saat ditemui di Wisma Serbaguna, Senayan, Kamis (18/1/2018).

Memaksimalkan dalam arti, ditambahkan Wisnu, hanya atlet potensi medali yang diprioritaskan untuk dikirim ke uji coba dan training camp. Rencananya, PRSI akan melakukan training camp dan uji coba di Australia pada Februari sampai April mendatang dan Amerika Serikat pada bulan berikutnya.

"Jadi karena jumlah atlet dalam Surat Keputusan (SK) dikurangi, anggaran try out juga dikurangi maka harus kami membagi mana yang harus berangkat duluan, mana yang selanjutnya. Artinya tetap kami prioritaskan atlet yang potensi medali emas untuk pergi uji coba," dia menjelaskan.

"Sedangkan sisa atlet dari 22 perenang pengajuan awal akan tetap berlatih. Tetapi di klub-klubnya masing-masing," dia menambahkan.



(mcy/fem)

FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed