detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 28 Jan 2018 06:40 WIB

Tour de Indonesia Bukan Tur Balap Sepeda Biasa

Femi Diah - detikSport
Podium etape ketiga Tour de Indonesia (Rengga Sancaya/detikSport) Podium etape ketiga Tour de Indonesia (Rengga Sancaya/detikSport)
Banyuwangi - Tour de Indonesia (TdI) 2018 belum kelar. Tapi, pujian didapatkan dari penyelenggara Dubai dan Abu Dhabi Tour, Mohammed Mehrab Al Sabagh.

TdI 2018 memang cukup istimewa. Dihidupkan lagi setelah enam tahun vakum, terakhir diselenggarakan pada 2011, grade TdI pun meningkat. Dari balapan 2.2 menjadi 2.1, yang hanya bisa diikuti tim-tim balap sepeda kontinental dan grade di atasnya serta timnas.

Setelah menyelesaikan tiga dari empat etape, TdI mendapatkan pujian. Poin utamanya, TdI soal antusiasme dari masyarakat yang dilewati balapan tersebut.

"Ini adalah tur yang super. Saya sudah sering berkeliling dunia dan menyaksikan sejumlah tur sejak tahun 1993. Saya bisa bilang ini bukan hanya turnya para pebalap sepeda, namun ini merupakan turnya masyarakat Indonesia," ujar penyelenggara Dubai dan Abu Dhabi Tour, Mohammed Mehrab Al Sabagh, dalam konferensi pers di Banyuwangi, Sabtu (27/1).

"Sebagai penyelenggara tur Dubai dan Abu Dhabi, tur kami dan sejumlah tur lainnya, bisa dibilang membosankan di beberapa bagian. Tidak ada penonton. Tapi, Tour de Indonesia, sejak awal hingga akhir, seperti yang bisa dilihat, sepanjang jalan dipenuhi penonton. Sangat indah dan luar biasa untuk bisa menyaksikan tur ini lagi," dia menambahkan.

"Saya berharap (TdI) bisa berlanjut dan bisa terselenggara lebih dari empat hari. Saya harap saya bisa kembali lagi dan melihat lebih banyak lagi sisi Indonesia lainya, Insya Allah," Mehrab berharap.

Dibandingkan TdI yang digulirkan sebelumnya, TdI 2018 ini memang sangat pendek. Pada perhelatan sebelumnya, TdI dihelat dari Jakarta sampai ke Bali dengan 10 sampai 12 etape dengan istirahat satu hari.


(fem/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com