detiksport
Follow detikSport
Rabu, 31 Jan 2018 19:40 WIB

Dana Pelatnas Asian Games 2018 untuk 6 Cabor Ini Cair Besok

Mercy Raya - detikSport
Pelatnas pencak silat akan segera mendapatkan dana pelatnas Asian Games 2018. (Sigid Kurniawan/Antara) Pelatnas pencak silat akan segera mendapatkan dana pelatnas Asian Games 2018. (Sigid Kurniawan/Antara)
Jakarta - Dana pelatnas enam cabang olahraga bakal segera cair. Kemenpora bakal mentransfernya dua kali.

Enam cabang olahraga, pencak silat, voli lapangan, dayung rowing, dayung perahu naga, sepak bola putra, dan renang bakal segera mendapatkan dana pelatnas ke Asian Games 2018. Pembayaran dilakukan oleh Kemenpora pada Kamis (1/2/2018).

Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto, mengatakan sudah mengirimkan Surat Perintah Membayar (SPM) dari Kemenpora kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara.

"Sesuai jadwal, akhir bulan tepat 31 Januari ini harus ada cabor yang mendapatkan kucuran anggaran," kata Gatot di Kantor Kemenpora, Senayan, Rabu (31/1/2018).

"Jadi yang bisa kami laporkan saat ini adalah bantuan untuk teknis lapangan yaitu Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) sudah bisa turun hari ini atau lambatnya besok sebelum pukul 12.00 WIB. Kemain kami sudah kirim enam SPM, kemudian hari ini ada 13 SPM lagi. Harapannya hari per hari akan ada yang dicairkan," dia menjelaskan.

Proses pencairannya pun tidak langsung gelondongan 100 persen, melainkan dibagi menjadi dua termin. Termin pertama 70 persen, sementara termin kedua dana yang belum diberikan.

"Semisal angkat besi sudah tanda tangan dengan Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional. taruhlah angka X, maka 70 persennya digelontorkan. Jadi tidak ada cerita gaduh lagi, seperti peralatan latihan, tanding, honor sebagiannya terlambat. Tidak ada lagi," dijelaskan Gatot. Sementara 30 persen sisanya akan diberikan setelah sebagian kuitansi penggunaan anggaran diterima Kemenpora.

Pencairan anggaran yang dibagi menjadi dua termin sempat membuat khawatir beberapa cabang, salah satunya angkat besi. Mereka khawatir sisa anggaran yang 30 persen diberikan setelah penyelenggaraan Asian Games rampung. Namun, Gatot menjamin hal itu tak akan terjadi.

"Kami beri jaminan. Insya Allah apa yang dikhawatirkan angkat besi tak akan terjadi. Jika ternyata maret atau April cabor bisa meyakinkan kami laporan pertanggung jawabannya, yang 30 persen kami jamin bisa dicairkan. Intinya tidak ada anggaran yang dicairkan setelah Asian Games beres," dia menambahkan. (mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed