detiksport
Follow detikSport
Sabtu, 03 Feb 2018 12:01 WIB

Soal Test Event, INASGOC Kini Fokus ke Keamanan dan Transportasi

Mercy Raya - detikSport
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) terus menggeber kesiapan test event. Kini mereka fokus ke masalah keamanan dan transportasi.

Test event akan bergulir 8-15 Februari 2018 di kawasan Jakarta. Mempertandingkan delapan cabang olahraga, miniatur Asian Games itu rencananya melibatkan 1.000 atlet dan ofisial dari 19 negara.

Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan kepanitiaannya terus mengebut persiapan. Sejauh ini semua berjalan lancar.

"Wisma atlet sejauh ini sudah baik ya, hanya ada beberapa hal kecil yang kami mesti perbaiki untuk Asian Games, contoh lapangan penghormatan bendera. Lainnya sudah oke saya lihat," kata Erick saat ditemui usai peresmian stadion tenis indoor dan outdoor GBK, Sabtu (3/2/2018).

"Lalu untuk venue harusnya sudah oke. Pembangunan saat ini untuk fasilitas pendukung, kalau bisa memang Senin sudah selesai. Yang sedang kami concern adalah keamanan dan transportasi. Nanti rencananya Deputi IV INASGOC akan persentase Senin ke depan. Itu yang sedang kami ingin mengerti secara total atas strategi dan komunikasi test event," ujarnya

Erick ingin agar test event ini bisa dimaksimalkan sebagai pembelajaran agar perhelatan Asian Games 2018 nanti benar-benar berjalan mulus tanpa kendala.

"Kemarin bisa dilihat di Main Operation Center (ruang kendali dan monitor) lihat jika di bandara pesawat tiba, benar tidak akan dijemput. Akreditasi dapat, benar tidak jadi visa," kata dia.

"Saya pribadi kalau banyak kekurangan justru senang, dari situ bisa mengoreksi kesalahan berikutnya. Kalau tidak ada apa-apa saya justru khawatir, jangan sampai saat Asian Games baru ketahuan."

"Jadi keseluruhan sudah hampir 100%, tinggal keamanan dan transportasi. Kalau volunteer sudah training semua, saya lihat di wisma atlet (volunteer) banyak anak muda yang antusias," tuturnya.


(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed