DetikSport
Minggu 04 Februari 2018, 14:40 WIB

Test Event Asian Games: Menguji Waktu Tempuh 34 Menit Kemayoran-Senayan

Amalia Dwi Septi - detikSport
Test Event Asian Games: Menguji Waktu Tempuh 34 Menit Kemayoran-Senayan Wisma Atlet Kemayoran (Grandyos Zafna/detikSport)
FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Jakarta - Waktu tempuh dari Wisma Atlet Kemayoran menuju kompleks Gelora Bung Karno (GBK) dan venue lain menjadi perhatian khusus pada Asian Games 2018. Percobaan pertama pada test event.

Test event Asian Games 2018 akan digelar pada 8-15 Februari. Dalam agenda itu akan dihelat delapan cabang olahraga dengan kompleks GBK sebagai venue utama. Sebagian cabang olahraga lain digeber di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Sebagai miniatur Asian Games 2018, test event sekaligus bakal menjajal penggunaan Wisma Atlet Kemayoran. Salah satu aspek utama yang dicoba adalah menguji waktu tempuh atlet dari Wisma Atlet ke venue yang tersebar.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan akan ada uji coba transportasi dan keamanan sebelum test event dimulai. Dia menyebut waktu tempuh dari Wisma Atlet di Kemayoran ke GBK tak lebih dari 34 menit.

"Soal itu akan ada rapat lagi berkaitan dengan hal tersebut. Kami minta Dephub dengan DKI kami minta agar bisa mengantisipasi. Maksimal jarak tempuh 34 menit dari wisma ke venue. Bagaimana alurnya, siapa yg mengatur kami akan ujicoba. Nanti tanggal 8 Februari sudah kami lakukan rute mana menggunakan apa," ujar Puan.

Tak hanya itu, bus yang mengangkut atlet juga memiliki standar untuk bisa masuk atau keluar dari wisma atlet.

"Untuk ke GBK ada kickoff titik hari senin dengan deputi 4 mengenai trasportasi dan keamanan dan deputi lain ambil bagian agar mengerti proses yang terjadi. Bagaimana bus diterima di sini di depan, masuk security cek, akreditasi masuk baru mereka masuk. Ada check in sendiri," kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sekaligus ketua INASGOC Erick Thohir terpisah.


(ads/fem)

FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed