detiksport
Follow detikSport
Rabu, 07 Feb 2018 12:30 WIB

Bukan Sekadar Uji Coba, Test Event Asian Games Jadi Etalase Kesiapan Indonesia

Femi Diah - detikSport
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Test event Asian Games 2018 mulai bergulir besok. Ajang yang diramaikan delapan cabang olahraga itu menjadi etalase kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Test event Asian Games itu digeber di Jakarta mulai 8-15 Februari. Angkat besi, atletik, basket, panahan, pencak silat, taekwondo, tinju, dan voli yang bakal menggelar pertandingan.

Agenda tersebut menjadi salah satu ajang untuk pemanasan atlet untuk mendapatkan tatmosfer turnamen internasional. Sebab, INASGOC mengundang peserta dari negara lain untuk meramaikannya.

Yang lebih penting, test event menjadi uji kemampuan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games yang bakal dimulai 18 Agustus sampai 2 September. Bukan hanya kesiapan venue, namun sekaligus kemampuan penyelenggara menjamu kontingen peserta. Dari aspek penginapan, konsumsi, transportasi, proses pertandingan hingga penyerahan penghargaan, sampai dengan teknologi penunjang dan volunter yang mendukung.

Sebagai contoh, panitia penyelenggara diminta untuk mampu mengantarkan atlet dari Wisma di kemayoran ke kompleks GBK, sebagai lokasi venue, dalam waktu tempu 34 menit. Juga bagaimana panitia menyediakan konsumsi untuk para atlet dalam jumlah besar dengan menu yang variatif di Wisma Atlet.

Cabang olahraga untuk test event yang dihelat di kompleks GBK di antaranya, atletik, voli indoor, basket, dan panahan bakal dihelat di kawasan tersebut. Selain di kompleks GBK, JI Expo Kemayoran juga bakal menjadi panggung atlet-atlet pada test event nanti. Selain itu, Wisma Atlet Kemayoran bakal dijajal untuk pertama kalinya.

Menilik jumlah cabang olahraga yang mengikuti test event, INASGOC mestinya tak kesulitan. Sebab, saat Asian Games akan dihelat 40 cabang olahraga dan diikuti 45 peserta serta dengan kurun waktu yang lebih panjang.

Kalaupun ada catatan miring, itu menjadi saran bagi INASGOC agar tak terulang pada Asian Games nanti. Yuk, turut menjadi saksi kesiapan Indonesia melakukan pemanasan Asian Games!

Berikut jadwal lengkap test event Asian Games 2018:

Angkat Besi: 11-12 Februari di JI Expo Hall A1

Atletik: 11-14 Februari di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Basket: 8-12 Februari di Hall Basket Senayan

Panahan: 10-15 Februari di Lapangan Panahan Senayan

Pencak Silat: 10-15 Februari di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah

Taekwondo: 10-11 Februari di JI Expo Hall B

Tinju: 11-15 Februari di JI Expo Hall C

Voli: 11-15 Februari di Stadion Tenis Indoor

Sumber: INASGOC (fem/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed