DetikSport
Kamis 08 Februari 2018, 00:18 WIB

GBK Siap Gelar Test Event, Pengunjung Disarankan Tak Bawa Kendaraan Pribadi

Mercy Raya - detikSport
GBK Siap Gelar Test Event, Pengunjung Disarankan Tak Bawa Kendaraan Pribadi Foto: Wahyu Putro A/Antara Foto
Jakarta - Kompleks Gelora Bung Karno sudah siap menggelar test event Asian Games. Untuk warga yang ingin menonton, disarankan tak bawa kendaraan karena akses masuk dibatasi.

Test event Asian Games 2018 digelar di Jakarta mulai 8-15 Februari. Akan ada delapan cabang olahraga yang dipertandingkan di kawasan GBK.

Agenda tersebut selain menjadi ajang pemanasan untuk atlet pelatnas, juga merupakan uji kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games. Asian Games sendiri bakal berlangsung 18 Agustus sampai 2 September mendatang.

Dari test event ini, Indonesia bisa mengambil gambaran situasi untuk ajang yang sebenarnya nanti. Dimulai dari venue, penginapan, konsumsi, transportasi, proses pertandingan, sampai dengan teknologi penunjang dan volunteer yang mendukung.

Bola basket akan menjadi cabang olahraga yang pertama menggelar test event, berlokasi di Hall A Basket, Senayan, pada 8-12 Februari ini. Kejuaraan akan diikuti empat negara, yaitu Indonesia, India, Timor Leste, dan Thailand. Mereka sudah tiba sejak kemarin dan tinggal di Wisma Kemayoran.

"Untuk cabor-cabor test event semuanya sudah siap karena memang sejak 31 Desember kemarin venue sudah beres. Tinggal kawasan saja yang belum sepenuhnya sempurna," kata Direktur Utama PPK GBK, Winarto, kepada detikSport, Rabu (7/2/2018).

"Tapi itu tak akan jadi kendala karena di kawasan GBK yang baru, publik dari manapun bisa tembus. Sebab, di bagian dalamnya kami sudah buat lingkaran dalam lagi yang bisa menembus manapun."

"Dibandingkan GBK yang dulu, kan untuk bisa ke stadion mana harus keluar gerbang dulu, baru masuk pintu mana lagi. Kalau yang sekarang tidak begitu," dia menjelaskan.

Selain itu karena test event ini berlaku sebagai uji coba untuk Asian Games, maka kendaraan tidak bisa masuk ke kawasan GBK. Kecuali kendaraan Presiden RI dan tamu VVIP.

"Cuma kami masih mengizinkan kendaraan proyek untuk masuk supaya tidak mengganggu pengerjaan," sambung Winarto.

"Jadi untuk umum pada acara test event disarankan tak perlu bawa kendaraan. Mereka bisa masuk dari gerbang pintu 8, kemudian berjalan kaki menuju SUGBK atau menuju lapangan panahan," imbuhnya.
(mcy/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed