DetikSport
Jumat 09 Februari 2018, 01:13 WIB

Jelang Asian Games, Tim Renang Indonesia Berlatih di Australia dan AS

Mercy Raya - detikSport
Jelang Asian Games, Tim Renang Indonesia Berlatih di Australia dan AS I Gede Siman Sudartawa (Sigid Kurniawan/Antara Foto)
Jakarta - Tim renang Indonesia akan menjalani pemusatan latihan di Australia dan Amerika Serikat dalam rangka persiapan Asian Games 2018.

Rencananya, tim renang Indonesia akan bertolak ke Australia pada Sabtu (10/2/2018) mendatang. Perenang Indonesia yang akan berlatih di Australia adalah I Gede Siman Sudartawa, Triady Fauzi Siddiq, Glenn Victor, Indra Gunawan, dan Aflah Fadlan Prawira.

"Di sana selain training camp juga akan ada kejuaraan semacam handcock prospecting itu kejuaraan paling besar di Australia. Tapi untuk foreign-nya itu kami cuma bisa ikut pagi dan tidak bisa masuk final. Karena memang aturannya seperti itu untuk di sana," jelas Siman.

Di Australia, Siman dkk. juga akan fokus persiapan building endurance selama kurang lebih tiga bulan dan dilatih oleh pelatih asing di sana.

"Pulang dari Australia 21 April kemudian seminggu di Jakarta dan berangkat ke Amerika lagi untuk training camp lagi dan mulai kompetisi di Asian Games," kata peraih medali emas SEA Games 2017 Malaysia ini.

"Untuk siapa yang jalan saya belum tahu pasti karena pelatih yang akan mengurusnya nanti. Yang jelas di Amerika itu latihannya mulai spesifikasi. Misal yang renang sprinter, lebih banyak sprint dan latih tandingnya," tuturnya.

Di Asian Games 2018, Siman rencananya akan turun di dua nomor perorangan, yakni nomor 50 meter dan 100 meter gaya punggung. Selain itu dia juga turun di dua nomor estafet.

"Target saya pribadi adalah medali karena menurut catatan waktu saya hanya berbeda 0,02 detik dengan peringkat tiga Asia di 50 meter gaya punggung," harap Siman.

Perenang berusia 23 tahun ini juga menyebut negara-negara yang akan menjadi pesaing terberatnya adalah China, Jepang, dan Korea.

"Tapi jika bisa sumbangkan medali tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi terakhir itu tahun 1994," katanya.



(mcy/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed