detiksport
Follow detikSport
Jumat, 09 Feb 2018 12:00 WIB

Sudah Direnovasi, Atap Hall A Basket di GBK kok Masih Bocor?

Mercy Raya - detikSport
Hall A basket masih bocor setelah direnovasi. (Agung Pambudhy/detikSport) Hall A basket masih bocor setelah direnovasi. (Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta - Hall A Basket di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) sudah direnovasi. Saat dijajal kala hujan, atap bocor.

Hall A digunakan untuk test event Asian Games 2018 untuk cabang olahraga basket. Hall ini menjadi opsi setelah Istora, sebagai venue final basket pada Asian Games Agustus nanti, batal digunakan karena peralatan belum datang menjelang hari H.

Setelah direnovasi, Hall A memang tampak lebih memukau. Fasad bangunan memang tak berubah, namun perubahan mencolok ada pada cat dinding dan tribune penonton dengan kursi yang baru.

Hanya saja, atap Hall A bocor. Kejadian itu muncul kala Timnas Indonesia menghadapi Timor Leste pada Kamis (8/2/2018). Saat hujan mengguyur deras disertai angin yang kencang, dua titip pada atap bocor.

Titik pertama di bagian press room dan titik bocor lainnya ada pada area penonton VIP. Lapangan sih tak mendapatkan masalah. Jadi, pertandingan bisa jalan terus.

"Memang Hall A ini kan baru renovasi dan belum sama sekali dipakai. Sementara tujuan dari test event ini salah satu adalah untuk menguji fasilitas yang ada. Dan kemarin hujan memang cukup besar," kata venue manajer Asian Games cabang basket, Riska Natalia Dewi, kepada detikSport, Jumat (9/2/2018).

"Dan memang ada kebocoran di bagian VIP. Sementara, untuk press room kami buat dengan tenda tambahan karena memang area yang ada di dalam venue terbatas. Sehingga, kami harus melakukan over lay dengan membuat tenda," dia menjelaskan.

Sejatinya, menurut Baby, panggilan karib Riska Natalia Dewi, panitia sudah mengantisipasi agar pertandingan tak terganggu dengan hujan. Yakni, dengan membuat tenda tambahan.

"Cuma dengan angin dan hujan yang cukup ekstrem kemarin dan mungkin ada pergeseran di atap tenda, sehingga kemarin kami juga kaget banget. Angin kencang juga. Termasuk saat tim datang ke venue kami siapkan payung meski tak terlalu banyak," Baby yang juga manajer klub IBL Satria Muda itu menjelaskan.

"Tapi, kembali lagi dengan adanya catatan kemarin kami sebetulnya terbantu. Sebab, tujuan test event ini memang untuk mengetahui apa yang kurang dan harus diperbaiki. Nah, dengan tahu ada seperti itu kami masih punya banyak waktu untuk memperbaiki. Which is tujuan dari test event ini (sebenarnya) tercapai," katanya.

"Tentu dengan kejadian kemarin, kami langsung perbaiki. Dan bisa dibilang sebenarnya pertandingan perdana kemarin cukup lancar meski ada yang harus diperbaiki," dia menambahkan.

Pada Asian Games nanti, Hall A basket bakal diplot untuk babak kualifikasi. Di luar agenda Asian Games, hall tersebut juga digunakan untuk pelaksanaan turnamen voli dan kegiatan olahraga lainnya.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed