detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 10 Feb 2018 05:23 WIB

Ditenagai Lebih dari 200 Orang, Dining Hall Wisma Atlet Sajikan Beragam Makanan

Amalia Dwi Septi - detikSport
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Makanan jadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan selama test event Asian Games 2018 berlangsung. Sebab amat berpengaruh terhadap performa atlet.

Di wisma atlet Kemayoran, asupan gizi para atlet dipenuhi di dining hall. Lokasinya ada di tower 2 wisma atlet. Di tempat inilah, seluruh atlet dari berbagai negara bertemu dan menyantap makanan.

Dalam sehari, atlet punya waktu makan sebanyak tiga kali: pagi dimulai pukul 05.00 WIB hingga 10.00 WIB, kemudian jam makan siang dipatok dari pukul 11.00 hingga 15.00 WIB.

Untuk makan malam, para atlet mendapatkan waktu dari pukul 17.00 sampai 22.00 WIB. Di luar waktu itu, para atlet tetap bisa menikmati minuman atau makanan ringan. Dining hall ini sendiri buka selama 20 jam per harinya.

Untuk memuaskan selera makan para atlet yang datang dari bermacam-macam negara, menu yang disediakan pun beragam. Pihak wisma atlet memercayakan makanan kepada tiga juru masak terbaik dan didampingi satu konsultan makanan dan gizi.

"Menunya itu macam-macam ya, ada makanan dari ASEAN, western, India atau ketimur-tengahan ya. Kami juga memperkenalkan masakan khas Indonesia seperti nasi goreng dan rendang," ujar Tjahrial Yooky, Vice Director Catering Depatment Wisma Atlet, Jumat (9/2/2018).

Untuk menu tiap harinya, juru masak juga dituntut untuk menyediakan makanan yang bervariasi agar atlet tidak bosan.

"Kami juga mempelajari makanan mereka, kalau makanan Arab seperti apa, India seperti apa. Kami harus pintar-pintar mengaturnya. Misalnya juga kami sediakan nasi goreng rasanya juga kami sesuaikan tidak terlalu spicy," sambung Tjahrial.

Dalam mempersiapkan makanan, dikerahkan 180 orang yang membantu para juru masak berada di dapur. Ada pula 80 volunteer khusus di dining hall tersebut, dengan sistem shift setiap harinya.

"Jadi tempat ini buka 20 jam ya, kalau misalnya atlet mau makan minum, snack, boleh. Tapi kalau makanan berat di tiga waktu tadi, pagi, siang dan malam. Selalu ada pergantian menu makanan," katanya. (ads/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed