DetikSport
Senin 12 Februari 2018, 23:45 WIB

Dokter Terus Pantau Kondisi Atlet Dayung yang Tersetrum di Situ Cileunca

Wisma Putra - detikSport
Dokter Terus Pantau Kondisi Atlet Dayung yang Tersetrum di Situ Cileunca Dewi Yuliawati (Mercy Raya/detikSport)
Bandung - Atlet dayung Indonesia, Dewi Yuliawati, masih menjalani perawatan medis usai tersetrum ketika berlatih di Situ Cileunca. Kondisinya terus dipantau oleh dokter.

Dewi, 20 tahun, tersetrum saat berlatih di Situ Cileunca, Pangalengan, Kabupaten Bandung, pada Minggu (11/2/2018) pagi. Akibat kecelakaan tersebut, dia mengalami luka bakar di bagian kepala dan kaki.


Dewi, yang tampil di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, saat ini dirawat di RSUD Soreang, Kabupaten Bandung. Kondisinya berangsur stabil.

"Sejak pertama pasien datang ke rumah sakit mengalami cedera dan luka bakar pada bagian kepala. Luka bakarnya itu disebabkan oleh kabel listrik yang mengenai bagian kepala setelah itu pasien terjungkal. Kemudian pasien diantarkan ke rumah sakit," jelas Dokter spesialis bedah RSUD Soreang, Dik Adi Nugraha, kepada detikSport, Senin (12/2/2018).

Dik mengungkapkan, luka bakar yang dialami Dewi adalah suatu cedera yang melibatkan banyak organ. Pihaknya pun harus melaksanakan proses observasi dalam beberapa hari ke depan.

Karena Dewi sedang dalam perawatan intensif, awak media tidak diperbolehkan masuk untuk melihat kondisi Dewi. Hanya dokter dan tim pelatih dayung Indonesia yang dapat masuk ke ruang perawatan.

"(Sengatan di) kepala sebelah kiri dan keluar di kaki sebelah kanan. Luka bakarnya derajat tiga, itu sekitar 10 persen. Untuk luka bakar listrik derajat tiga, ini cukup berat karena masih berlangsung di dalam tubuh," ucap Dik.

Dokter terus melakukan proses observasi guna melihat perkembangan kesehatan Dewi. "Karena selain luka bakar yang mengenai kulit Dewi, luka bakar tersebut juga menyebabkan adanya gangguan irama jantung," kata Dik.

"Itu yang kami takutkan. Beberapa hari ke depan kita akan memonitoring secara khusus. Apabila memang nanti dibutuhkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut atau kita tidak mampu, kita akan rujuk. Sejauh ini kita masih bisa menangani," tuturnya.

[Gambas:Video 20detik]


Sementara itu, pelatih dayung Indonesia, M. Hadris, menjelaskan bagaimana Dewi yang sedang berlatih di Situ Cileunca bisa tersetrum.

"Dewi tersengat aliran listrik kabel PLN yang melintang di Situ Cileunca saat sedang melakukan latihan long distance untuk pemulihan cedera pinggang," ujar Hadris saat ditemui di RSUD Soreang.

Insiden tersebut, lanjut Hadris, bermula sewaktu Dewi pemanasan selama satu setengah jam untuk pemulihan akibat cedera pinggang. Pada saat itu, tim lain sedang latihan time trial 7x1.000 meter.

"Tiba-tiba kepala bagian belakang Dewi mengenai kabel PLN yang melintang itu. Diduga panik Dewi tercebur dan perahunya terbalik. Dayung yang Dewi pegang menempel pada dua buah kabel hingga mengakibatkan percikan api yang cukup besar," tuturnya.

Melihat insiden itu, tim pelatih dan atlet lainnya di lokasi dengan sigap memberikan pertolongan. "Dewi langsung kami bawa ke RSUD Soreang. Dia mengalami luka bakar di kepala bagian pipi kiri dan kaki sebelah kanan," kata Hadris.



(mfi/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed