detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 16 Feb 2018 04:26 WIB

Rencana Try Out Belum Jelas, PBVSI Malah Tak Turunkan Timnas di Test Event

Femi Diah - detikSport
Foto: Puspa Perwitasari/Antara Foto Foto: Puspa Perwitasari/Antara Foto
Jakarta - PP PBVSI tak memanfaatkan test event Asian Games 2018 untuk menguji coba tim nasional. Padahal, jawal try out untuk Timnas belum jelas.

Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) menurunkan dua tim lokal untuk tampil pada test event Asian Games yang usai Kamis (15/2/2018) malam. Indonesia 2 diwakili Palembang Bank Sumsel Babel dan Indonesia 1 merupakan tim Jakarta Pertamina Energi. Kedua tim sama-sama menambah amunisi dengan memasukkan pemain Surabaya Bhayangkara Samator.

Dari ajang itu, Indonesia 2 yang dibesut Samsul Jais, keluar sebagai juara. Indonesia 2 mengalahkan Indonesia 1 di final dengan skor 3-2 (21-25, 18-21, 25-21, 25-18, 15-11).

Salah satu pemain pelatnas voli putra, Nurcahyadi Mahfud, yang memperkuat Indonesia 2, terkejut PP PBVSI tak menurunkan Timnas yang sesungguhnya pada test event kali ini. Sebab, para pemain Timnas sempat mendapatkan panggilan untuk peluncuran tim di Padepokan Voli Sentul, Jawa Barat, pada 7 Februari. Waktu itu, PBVSI memanggil 20 pemain putra dan 19 pemain putri ke pelatnas.

"Saya sendiri kaget kok bukan Timnas yang tampil. Padahal, ini menjadi momen yang bagus untuk uji coba Timnas, 20 pemain Timnas itu bisa dibagi menjadi dua tim," kata Mahfud.

Sementara itu, Samsul Jais, pelatih Timnas voli putra, mengakui belum memiliki rencana detail pelaksanaan pelatnas, termasuk rencana try out.

"Pelatnas berlangsung desentralisasi dan sentralisasi. Untuk sentralisasi akan dimulai setelah Proliga selesai, sekitar bulan Mei," kata Samsul.

"Mulai Mei sampai Agustus kami rencanakan satu kal try out, namun belum bisa kami pastikan. Berkaca pada SEA Games 2017, kami tidak akan tampil pada kejuaraan Asia antarklub di Myanmar karena waktunya terlalu mepet dengan Asian Games," ujar dia.

"Opsi lain bisa dijalani dengan melakukan training camp di luar negeri setelah Proliga baru kemudian kembali ke Tanah Air pada satu bulan menjelang Asian Games," ujar Samsul.


(fem/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed