DetikSport
Jumat 16 Februari 2018, 06:32 WIB

Laporan Dari Thailand

Cara Unik Galang Hendra Pelajari Sirkuit

Lucas Aditya - detikSport
Cara Unik Galang Hendra Pelajari Sirkuit Foto: Lucas Aditya/detikSport
Buriram - Galang Hendra Pratama akan membalap semusim penuh di ajang Superbike World Supersport 300. Dia mempunyai cara unik untuk mempelajari trek yang belum diketahui.

Galang membela tim Moto X Racing untuk balapan di level ketiga ajang Superbike tersebut. Ada sebanyak delapan seri yang akan dijalani oleh pebalap asal Yogyakarta itu, semuanya digelar di Eropa.

Seri pertama akan berlangsung di Aragon pada 13-15 April mendatang. Disusul kemudian Assen, Imola, Donington Park, Acerbis, Misano, Portimao, dan yang terakhir di Magny-Cours.

Dari semua sirkuit itu, Galang baru merasakan trek yang sebenarnya di Misano dan Portimao. Oleh karena itu, dia buta enam sirkuit lainnya.

Kemenangan di Jerez di seri WSSP 300 musim lalu menjadi referensi Galang untuk menapaki musim 2018. Dia mengaku banyak mengenal lintasan sirkuit dari permainan konsol Playstation. Caranya? Dia bermain game MotoGP sampai sebosan-bosannya.

"Kali ini satu musim penuh, dari semua baru dua sirkuit yang pernah dijajal langsung. Misano sama Portimao. Itu salah satu tantangan agar adaptasi sirkuit lebih cepat dan adaptasi terhadap cuaca juga harus lebih cepat," kata Galang saat berbincang di Buriram.

"Saya balap yang penting gas pol terus, jauh-jauh sebelum race fokus menghafal sirkuit Jerez lewat playstation. Sehari main PS sampai bosen. Sebisa mungkin dapat feelnya. Sebelumnya pernah di Portimau jadi paham motor ini seperti apa mengoper giginya."

"Kalau di PS (playstation) bisa diganti mode manual. Jelas di sirkuit lain akan menggunakan cara itu juga. Saya juga ada simulator di rumah, seling-selingan pakai virtual reality," dia menambahkan.
(cas/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed