detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 20 Feb 2018 13:15 WIB

Uji Coba Venue, INAPGOC Akan Gelar Test Event Asian Para Games

Mercy Raya - detikSport
Foto: Pool Foto: Pool
Jakarta - Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) akan menggelar test event pada akhir Juni. Ajang itu sekaligus dijadikan kesempatan untuk mendapatkan lisensi atlet.

Asian Para Games 2018 rencananya akan diikuti 3.000 atlet dari 42 negara. Khusus Indonesia ada 300 atlet yang akan berpartisipasi. Namun, sampai saat ini, Indonesia kekurangan atlet difabel berlisensi untuk memenuhi kuota tersebut.

Ya, setiap atlet yang akan tampil pada Asian Para Games harus lolos prosedur administratif, bukti kecacatan, dan memiliki kelengkapan administratif lainnya, seperti paspor, foto, dan rekam medis.

"Kemarin itu kan target dari kita 300 atlet. Sementara, hasil dari Satlak Prima yang lalu cuma 150 atlet (itu dari ASEAN Para Games lalu), berarti sisanya bagaimana jika tidak diseleksi. Jadi, test event ini sekaligus untuk hal itu. Makanya ini levelnya nasional," kata Wakil Deputi II INAPGOC, Lukman Niode, Selasa (20/2/2018).

"Tapi, kami tidak menutup jika ada atlet lain dari tetangga seperti Malaysia, Vietnam, Thailand untuk ikut. Kami terbuka saja cuma ini khusus atlet-atlet Indonesia," ujarnya kemudian.

Rencananya, akan ada lima cabang yang dipertandingkan. Cabang -cabang itu adalah basket, tenis meja, atletik, renang, dan bulutangkis. Pertandingan akan terpusat di kawasan Gelora Bung Karno pada 29 Juni hingga 2 Juli.

"Kami mengambil cabang yang paling mayoritas. Itu kenapa kami memilih cabang itu dari 18 cabor yang dipertandingkan," dia menjelaskan.

"Tujuan dari test event ini tetap sama dengan Asian Games, yaitu untuk menguji kesiapan dari penyelenggaraan, fasilitas wisma atlet, dan kesiapan lainnya," ungkap Lukman.

Namun untuk masalah anggarannya, Luki, demikian Lukman Niode karib disapa, belum bisa mengungkapkan secara detail. Sebab, INAPGOC masih menggodoknya dengan seluruh stakeholder terkait.



(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed