DetikSport
Rabu 21 Februari 2018, 17:43 WIB

Indonesia Turunkan 300 Atlet Difabel di Asian Para Games

Muhammad Idris - detikSport
Indonesia Turunkan 300 Atlet Difabel di Asian Para Games Foto: Rengga Sancaya/detikSport
Jakarta - Menpora Imam Nahrawi menginstruksikan agar Indonesia menurunkan minimal 300 atlet di Asian Para Games 2018. Makanya, peersiapan pun digeber sedini mungkin.

Selain menjadi tuan rumah Asian Games, Indonesia juga bakal menjadi host Asian Para Games. pesta olahraga untuk difabel itu juga dipusatkan di Jakarta.

Untuk meramaikan pesta olahraga itu, Imam meminta agar National Paralympic Committees (NPC) menurunkan kekuatan penuh.

"Karena tuan rumah, soal atlet yang kita sertakan harus kekuatan penuh. Minimal 300 atlet, kalau bisa ditambah lagi bisa lebih banyak. Sehingga Asian Para Games ini bisa dipakai untuk asah pengalaman baru," kata Imam di kantornya, Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Dalam kesempatan tersebut, dia juga menegaskan, beberapa pengadaan barang dan jasa untuk penyelenggaraan Asian Para Games 2018 bisa digabung dengan Asian Games 2018. Ini dilakukan selain untuk percepatan pengadaan lelang.

"Soal anggaran kita pemerintah lewat Kemenpora fasilitasi langsung ke rekening INASGOC. Sementara untuk regulasi, kita ingin pelaksanaan Asian Para Games dan Asian Games 2018 itu satu payung, enggak terpecah, terutama soal pengadaan barang dan jasa," ujar Imam.

Sementara itu, Ketua Umum INAPGOC, Raja Sapta Oktohari, menjelaskan pengadaan barang dan jasa jadi hal krusial. Ini mengingat peralatan yang dibutuhkan sebagian besar berasal dari impor.

"Keperluan pertandingan sebagian besar harus impor. Kalau lelang belum selesai, bisa jadi acara sedang berlangsung barang belum datang. Makanya kita apresiasi langkah Pak Imam (Menpora) tadi soal penganggaran," Okto menjelaskan.



(idr/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed