detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 22 Feb 2018 12:53 WIB

Kelas 62 Kg Angkat Besi Dihapus Dari Asian Games, Ini Respons Menpora

Mercy Raya - detikSport
Foto: Wahyu Putro A/Antara Foto Foto: Wahyu Putro A/Antara Foto
Jakarta - Salah satu kelas tumpuan Indonesia untuk mendapatkan medali emas dari angkat besi, kelas 62 kg, tak akan dipertandingkan di Asian Games 2018. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meresponsnnya.

Federasi Angkat Besi Asia (AWF) menginformasikan dalam surat tertanggal 11 Feberuari 2018 dan ditandatangani oleh Presiden AWF Mohamed Yousef Al Mana untuk menghapus kelas 62 kg atas kesepakatan anggota. Keputusan tersebut dinilai merugikan Indonesia. Sebab, pada kelas itu menjadi salah satu potensi emas Indonesia dengan adany lifter berpengalaman Eko Yuli Irawan.

Kemenpora sebagai penanggung jawab bidang prestasi di Asian Games terkejut dengan keputusan tersebut. Menpora akan berkirim surat dan mendesak panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) untuk menolak keputusan itu.

"Yang pasti itu tindakan yang tidak baik dari AWF yang secara tiba-tiba. Membuat saya pun harus segera berkirim surat penolakan dengan keras ke Dewan Olimpiade Asia dan Asian Weightlifting Federation. Kami tolak kemauan itu karena tidak menghormati keputusan-keputusan sebelumnya," kata Imam kepada detikSport, Kamis (22/2/2018).

"Karenanya saya minta INASGOC wajib menolak itu dengan segera. Lebih-lebih secara teknis sudah melakukan test event untuk angkat besi ini," ujarnya kemudian. (mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed