DetikSport
Rabu 28 Februari 2018, 14:43 WIB

Menko PMK Ingatkan Peran Strategis KOI Sukseskan Asian Games 2018

Mercy Raya - detikSport
Menko PMK Ingatkan Peran Strategis KOI Sukseskan Asian Games 2018 Foto: Rengga Sancaya
FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani membuka Rapat Anggota Tahunan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di Hotel JS. Luwansa, Kuningan, Rabu (28/2/2018). Dalam sambutannya, ia mengingatkan peran strategis KOI dalam menyukseskan Asian Games 2018.

Asian Games 2018 akan berlangsung 18 Agustus sampai 2 September 2018. Dalam waktu tersisa 175 hari ke depan, seluruh pihak diharapkan bergotong royong dalam melancarkan penyelenggaraan Asian Games. Khususnya KOI.

"Pada tahun ini tidak seperti biasanya mengingat tahun ini kita menjadi tuan rumah Asian Games. Tinggal 175 hari lagi menuju Asian Games di mana tahun ini seluruh mata dan dunia akan tertuju kepada Indonesia. Ini kesempatan yang sebesar-besarnya," kata Puan dalam sambutannya.

"Nah, peran KOI dalam hal ini cukup strategis. Artinya, menjadi salah satu hal yang bisa menunjukkan dan membuat kita bersatu, bergotong rotong untuk Asian Games."

"Selain pemerintah cabor diharapkan bergotong rotong menciptakan atlet yang berpretasi di Asian Games. Multievent ini salah satu jendela mata dunia melihat bahwa kita ini mampu dan kita punya atlet-atlet yang mumpuni," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Puan juga menyoroti tahun Asian Games yang berlangsung pada "tahun politik". Di tahun 2018 ini, sebanyak 171 daerah akan berpartisipasi pada ajang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

"Kita lihat mulai hangat-hangat sedikit namun kita harus membuktikan dengan olahraga kita bisa menunjukkan sportivitas, solidaritas, dan semangat persatuan dan kesatuan," ucap Puan.

"Tadi saya mengingatkan tahun politik ini walau kita pesta demokrasi, tapi satu ya bendera yang bisa dikibarkan tanpa melihat dimana dan berasal darimana adalah melalui Asian Games ini. Dan di ajang ini kita yang harus melupakan ego kita masing masing sebaliknya kita sama-sama bergotong rooyong hanya berniat untuk mengibarkan Merah Putih."

"Makanya saya harap pesta demokrasi ini tak mempengaruhi siapa kita dari mana berasal tapi Indonesia untuk Indonesia di Asian Games," tuturnya.

RAT KOI sendiri salah satunya melaporkan persiapan multievent 2018, yakni Asian Games Jakarta Palembang dan Youth Olympic Games yang akan diselenggarakan di Argentina, Oktober mendatang.



(mcy/krs)

FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed