detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 02 Mar 2018 13:57 WIB

Mewaspadai dan Mengantisipasi Masuknya Virus Saat Asian Games

Raja Adil Siregar - detikSport
Menkes Nila F. Moeloek mengingatkan pentingnya mewaspadai dan mengantisipasi masuknya virus saat Asian Games 2018 (Foto: Raja Adil Siregar/detikSport) Menkes Nila F. Moeloek mengingatkan pentingnya mewaspadai dan mengantisipasi masuknya virus saat Asian Games 2018 (Foto: Raja Adil Siregar/detikSport)
Palembang - Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengingatkan pentingnya mewaspadai dan mengantisipasi masuknya virus saat Asian Games 2018. Imunisasi jadi satu langkah itu.

Hal itu disampaikan Menkes usai membuka acara 'Penguatan Kompetensi Dosen dan Fasilitas Kesehatan di Rumah Sakit Pendidikan' di Hotel Horison Ultima, Palembang, Jumat (2/3/2018).

"Kami sudah bicarakan dengan Menpora (Imam Nahrawi) agar yang datang dapat diimunisasi. Jadi jangan menyalahkan kita aja, karena mereka (kontingen) yang datang juga bisa bawa penyakit dan itu harus dilakukan antisipasi," kata Menkes Nila.

Menurut Nila, virus yang diwaspadai antara lain virus Unta dari Timur Tengah, juga Zika, Difteri, dan Diare yang bisa saja datang dari negera tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

"Jangan dari kita saja yang kalau ke luar negeri harus punya sertifikat imunisasi, mereka juga harus punya. Karena ada virus Unta, Zika yang kita harus waspadai. Termasuk virus Difteri dan Diare yang dipastikan dapat masuk saat Asian Games," ucapnya.

Sebagai langkah antisipasi lebih lanjut, Menkes akan duduk bersama dengan Menpora dan memastikan seluruh kontingen yang datang terbebas dari segala virus sehingga pelaksanaan Asian Games tidak akan menyisakan persoalan kesehatan bagi masyarakat.


(krs/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed