detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 04 Mar 2018 04:06 WIB

Ratusan Crosser Berpartisipasi dalam Kejuaraan Grasstrack di Palembang

Raja Adil Siregar - detikSport
Kejuaraan motocross Piala Danlanud di Palembang. (Foto: Raja Adil Siregar/detikSport) Kejuaraan motocross Piala Danlanud di Palembang. (Foto: Raja Adil Siregar/detikSport)
Palembang - Lebih dari 300 crosser dari berbagai daerah turun dalam kejuaraan Grasstrack Piala Danlanud Sri Mulyono Herlambang di Sirkuit Otomotif Dirgantara Palembang.

Dari pantauan detikSport, crosser yang turun datang dari Jambi, Riau, Bengkulu, Jakarta dan Surabaya. Mereka beradu kecepatan di lahan 'sawah' milik TNI AU yang lokasinya sangat strategis.

Total ada 15 kelas yang dipertandingkan mulai hari ini (3/3/2018) hingga besok sore (4/3). Mereka terlihat siap untuk terbang saat melewati tanggul, memacu kecepatan di tikungan yang tajam agar dapat menyelesaikan race dan menjadi sang juara olahraga kuda besi.

Komandan Lanud SMH Palembang, Kolonel Pnb Easter Haryanto menyebut pihaknya telah menyediakan sekitar 130 hektare lahan kosong sebagai sirkuit. Hal ini untuk pemerintah dalam mencari potensi dan bibit-bibit muda unggul di bidang olahraga pacu kuda besi.

"Sirkuit Otomotif Dirgantara ini pertama kali yang ada di Palembang, tentu ini akan dapat memicu bibit-bibit baru yang ada di Sumsel dalam pengembangan potensi otomotif. Untuk areal kami telah sediakan sekitar 130 hektare lahan," kata Easter usai membuka kejuaraan, Sabtu (4/2/2018).

"Ya sekarang baru 20 hektare dulu, nanti kalau animo dan minat masyarakat tinggi kami akan perluas lagi. Harapan kami tentu sirkuit ini bermanfaat dulu bagi pecinta otomotif yang ada," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Aswari Rivai yang hadir selaku penggagas dan pecinta otomotif di Bumi Sriwijaya pun mengaku keberadaan sirkuit ini akan berdampak positif.

"Karena ini letaknya berada di tengah kota. Jadi saya optimis tidak akan ada lagi balap liar di jalanan setelah keberadaan sirkuit ini ," kata Aswari. (rin/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed