DetikSport
Senin 05 Maret 2018, 00:40 WIB

Para Pebalap AHRT Petik Pelajaran Berharga di Seri Pertama ARRC

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Para Pebalap AHRT Petik Pelajaran Berharga di Seri Pertama ARRC Andi Gilang tak berhasil naik podium di Thailand (Dokumentasi Astra Honda Racing Team)
Buriram - Para pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) telah menuntaskan seri pertama Asia Road Racing Championship (ARRC) 2018 di Buriram, Thailand. Mereka mendapatkan pelajaran berharga di seri ini.

Seri pertama ARRC 2018 dilangsungkan di Sirkuit Buriram pada 3-4 Maret 2018. AHRT menurunkan lima pebalapnya, yaitu Mario Suryo Aji, Rheza Danica Ahrens, dan Awhin Sanjaya di kelas Asia Production 250 (AP250) serta Andi "Gilang" Farid Izdihar dan Irfan Ardiansyah di kelas Supersports 600cc (SS600).

Mario dan Rheza meraih hasil menggembirakan dalam balapan pertama, Sabtu (3/3/2018). Mario finis kedua, sementara Rheza finis ketiga. Balapan pertama ini dimenangi oleh pebalap tuan rumah, Anupab Sarmoon. Adapun Awhin menyelesaikan lomba di posisi ke-11.

Pada balapan kedua yang digelar pada Minggu (4/3/2018), Awhin menjadi pebalap AHRT dengan hasil terbaik setelah finis di posisi keenam.

"Start saya hari ini bagus sehingga saya bisa maju dan masuk rombongan depan. Pada lap ketiga hingga kesembilan, saya bisa bertahan di tiga besar. Namun, pada lap terakhir, saya tersisih saat melewati tikungan tiga dan akhirnya berada di belakang. Saya banyak belajar dari dua balapan di Buriram dan itu akan jadi bekal saat menghadapi putaran selanjutnya," ujar Awhin dalam rilis yang diterima detikSport.


Sementara itu, Rheza harus puas finis di posisi kesembilan dan Mario yang finis di posisi kelima harus turun ke posisi kesepuluh karena terkena penalti akibat keluar lintasan (exceeding track limits).

"Hari kedua ini jalannya balap lebih ketat. Pada 2 lap terakhir semuanya saling menempel ketat. Pada tikungan terakhir, saya bersenggolan dengan pebalap lawan dan membuat saya keluar lintasan. Ini pelajaran berharga untuk saya, balapan di Asia sangat ketat dan berbeda dari balap yang pernah saya ikuti. Saya akan berjuang meningkatkan kemampuan saya untuk menghadapi seri balap berikutnya di Australia," ujar Mario.

Di kelas SS600, dua pebalap AHRT tak berhasil naik podium dalam dua balapan. Andi Gilang finis kesepuluh di balapan pertama dan keenam di balapan kedua. Sementara itu, Irfan menuntaskan balapan pertama di posisi ke-13 dan balapan kedua di posisi kesepuluh.

"Banyak pengalaman baru dan penyesuaian yang saya dapat setelah dua tahun tidak balap dengan motor 600cc. Saya masih sering overspeed saat masuk tikungan. Namun, secara umum saya mendapat kemajuan. Start saya hari ini sudah lebih baik dibanding balapan pertama. Waktu putaran saya juga lebih baik. Saya bisa finis di urutan keenam dan ini bagus karena poin sangat penting," ujar Andi Gilang.

Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM), Toshiyuki Inuma, yang menyaksikan langsung jalannya balapan mengatakan, seri ini akan menjadi modal yang sangat penting bagi tim menghadapi putaran-putaran selanjutnya untuk bisa meraih kembali podium.

"Inilah balapan. Terkadang hasilnya bagus dan terkadang tidak sesuai harapan. Saya tetap yakin bahwa kami mendapatkan kemajuan. Hasil hari ini menjadi pembelajaran. Kami harus mengecek segala sesuatunya dan mempersiapkan diri menghadapi putaran selanjutnya di Australia, yang akan menjadi pengalaman pertama bagi semua tim. Kami akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan berusaha mendapatkan podium," ujar Inuma.


(mfi/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed