detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 07 Mar 2018 00:59 WIB

Eko Yuli Tunggu Kejelasan soal Polemik Kelas 62 Kg

Mercy Raya - detikSport
Eko Yuli Irawan masih menanti kepastian soal kelas 62 kg di Asian Games 2018 (Fanny Octavianus/ANTARA FOTO) Eko Yuli Irawan masih menanti kepastian soal kelas 62 kg di Asian Games 2018 (Fanny Octavianus/ANTARA FOTO)
Jakarta - Lifter Eko Yuli Irawan akhirnya buka suara soal dicoretnya kelas 62 kg dari Asian Games 2018. Apa kata peraih medali perak Olimpiade 2016 itu?

Eko menjadi salah satu andalan Indonesia di Asian Games 2018. Namun, enam bulan sebelum multievent digelar, Federasi Angkat Besi Asia (AWF) menghapus kelas 62 kg, kelas spesialis Eko.

Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games merasa dirugikan. Sebab, kelas tersebut berpotensi menghasilkan emas lewat Eko. Sudah begitu, lawan-lawan berat Indonesia absen.


Sehubungan dengan itu, Eko berharap segera ada kepastian sehingga dia bisa mengambil sikap.

"Saya pasrahkan ini ke Menpora, KOI, dan PABBSI yang mengurus ini. Karena semua pasti berharap kelas itu tetap ada," kata Eko ketika ditemui di pelatnas angkat besi di Kwini II, Jakarta Pusat, Selasa (6/3/2018).

"Dan saya berusaha untuk berpikiran positif ini bakal diperjuangkan karena itu saya tidak banyak klarifikasi karena belum tahu hasilnya dan masih negosiasi," ujarnya.

Eko menjelaskan, hingga sampai saat ini PABBSI belum mengarahkan dirinya untuk mengambil kelas lain hingga ada keputusan pasti. Jika harus pindah kelas, pilihan untuk Eko adalah naik ke kelas 69 kg.


"Mau tidak mau. Sebab, turun (kelas) tidak mungkin," ujarnya.

"Tapi kan di kelas itu ada Deni dan Triyatno. Jadi harus bersaing sama mereka, masih ada seleksi dulu. Tapi balik lagi, pertanyaannya bisa tidak bersaing sama mereka? kalau tidak bisa, ya jadi penonton saja. Saya tidak mungkin hanya jadi peserta di Asian Games. Kami ingin medali, bukan karena ingin main di Asian Games saja," jelas Eko.


(mcy/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed